Presiden Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Terinfeksi Virus Corona

Advertisement

JAKARTA (PUSKAPIK) – Dua warga negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona jenis baru, Covid-19. Keduanya tertular setelah sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan di Istana Kepresidenan seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Menurut presiden, warga Jepang itu terdeteksi terkena virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Setelah ada informasi tersebut, tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) langsung melakukan penelusuran.

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” kata Presiden yang menyebut kedua pasien corona telah dirawat di rumah sakit.

Dengan adanya temuan itu, maka ini adalah kasus corona pertama yang terjadi di Indonesia. Sebelumnya, ada sejumlah WNI yang positif terinfeksi tapi mereka berada di luar negeri. Seperti seorang perempuan warga Indonesia yang terjangkit virus corona saat bekerja sebagai pramuniaga di Singapura. Diduga, dia tertular dari wisatawan yang datang ke toko tempat dia bekerja.

Selain itu, sembilan WNI juga positif terinfeksi virus corona saat bekerja sebagai awak kapal pesiar Diamond Princess. Hingga saat ini lima orang di antaranya dirawat di rumah sakit, sedangkan empat orang sisanya masih di kapal.

“Sembilan WNI dirawat baik oleh Jepang. Sembilan itu baru demam-demam, buat saya, mereka dirawat dengan baik dan dalam kondisi yang tidak berat,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pekan lalu. (FM)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!