Rusunawa Akan Dibangun di Comal

0
Kepala Dinas Perkim Pemalang, Ir Mugiyatno

PEMALANG (PUSKAPIK)-Kementerian PU-PR masih melakukan program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) hingga tahun 2024 mendatang. salah satu program yang akan dijalankan, mendirikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Pemalang.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Pemalang Mugiyatno, Jumat (28/2/2020) mengatakan, salah satu program pemerintah untuk menuntaskan keluarga kurang mampu di Indonesia akan berlanjut hingga tahun 2024.

Yang pertama, warga miskin dengan penghasilan rendah akan mendapatkan kembali bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp.17.500.000 per rumah. Sementara warga yang belum memiliki rumah akan dibantu sebesar Rp. 35.000.000

“Warga kurang mampu yang memiliki kriteria khusus akan menempati rumah yang layak huni seperti RTLH dan Rusunawa,” kata Mugiyanto.

Mugiyanto menjelaskan, berbagai program yang bakal dilaksanakan tahun 2020 hingga tahun 2024 mendatang, termasuk membuat Rusunawa tahap 2 yang rencanannya akan dibangun di Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal.

“Kebetulan saya juga sampai sekarang masih di Disperkim Kabupaten Pemalang sehingga ikut menangani kebutuhan perumahan bagi masyarakat, di mana ada beberapa program termasuk Rusunawa,” kata Mugi.

Di Pemalang ini, lanjut Mugi, sudah ada 3 unit Rusunawa di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang. Selain itu bagi warga masayarakat berpenghasilan rendah seperti buruh tani, tukang ojek dan pedagang kecil bisa mengajukan kredit rumah yang difasilitasi kredit mikro bank BTN.

“Perlu diketahui, dalam pelaksanaan 2 tahun terakhir ini Kabupaten Pemalang meraih prestasi terbaik se-Indonesia menjalankan program rumah miskin,” katanya.(DED)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini