Dinkes Siagakan Tim Medis Bantu Korban Banjir di Pemalang

0

PEMALANG (PUSKAPIK)- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemalang, menyiagakan posko-posko kesehatan di titik-titik banjir yang tersebar di sejumlah wilayah timur Kota Ikhlas. Tim medis disediakan untuk melayani warga yang terserang penyakit pascabanjir.

“Ada beberapa posko kesehatan di titik-titik banjir, terbanyak di Kecamatan Petarukan, Comal dan Ulujami. Tim dokter dan perawat siaga penuh melayani warga. Obat-obatan juga kita siapkan,” kata Kepala Dinkes Pemalang, dr Solahudin kepada Puskapik, Rabu (26/2/2020) siang.

Pos pelayanan kesehatan yang siaga di Kecamatan Ulujami adalah Pos Kesehatan Desa (PKD) Pesantren, Tasikrejo, Limbangan, dan Pamutih.

Dalam melayani para korban banjir, Dinas Kesehatan juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan rumah sakit swasta yang ada di Pemalang.

Menurut Solahudin, kerja sama tersebut untuk maksimalkan pelayanan terhadap para pasien dari berbagai penyakit. “Dampak banjir mengakibatkan kesehatan warga terganggu. Penyakit yang kami temukan antara lain, gatal-gatal dan diare,” jelasnya.

 

Solahudin mengungkapkan, dampak banjir belum sampai menimbulkan korban akibat serangan penyakit. “Tidak ada warga yang sampai dilarikan ke rumah sakit. Warga yang terserang penyakit masih bisa kita rawat di posko-posko kesehatan dan Puskesmas terdekat,” imbuhnya.

Dinas kesehatan mengimbau para korban banjir agar selalu membersihkan rumah masing-masing demi menghindari penyakit. “Selain pelayanan kesehatan, kami edukasi warga, agar menjaga kebersihan,” tutupnya.(KN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini