Tumbuhkan Nasionalisme, Pelajar Kota Pekalongan Digembleng melalui LCC

0
Kantor Kesbangpol Kota Pekalongan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA/MA/SMK di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Selasa (25/2/2020). FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan Tingkat SMA/MA/SMK di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Selasa (25/2/2020). Kegiatan rutin ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi para pelajar SMA/sederajat di Kota Pekalongan mengenai wawasan kebangsaan dan pilar-pilar kebangsaan serta meningkatkan rasa nasionalisme para pelajar.

Menurut Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz, tantangan generasi muda saat ini sangat luar biasa seiring dengan perkembangan zaman dan adanya arus globalisasi. Melalui kegiatan ini Saelany berharap para pelajar semakin memiliki wawasan dan mantap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi pembangunan bangsa.

“Melalui kegiatan LCC ini akan menggugah semangat persatuan dan cinta Tanah Air di kalangan pelajar, sehingga para pelajar sebagai pemegang estafet bangsa dapat menjadi calon pemimpin bangsa yang cinta Tanah Air dan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang baik,” katanya usai membuka LCC ini.

Saelany mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Pekalongan untuk menanamkan sikap nasionalisme. Kegiatan LCC ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran serta dapat menggugah semangat persatuan dan rasa cinta tanah air.

“Semangat cinta Tanah Air dan kebangsaan ini harus selalu dipelihara dan kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan bangsa. Ke depan mudah-mudahan akan lahir generasi muda yang cinta tanah air dengan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang baik, serta terbebas dari narkoba dan radikalisme,” kata Saelany.

Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan, Bambang Widjarnako menambahkan, LCC diikuti oleh 24 sekolah di tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan. Masing-masing sekolah mengirimkan 3 delegasi. Pada Senin (24/2/2020) kemarin juga digelar LCC serupa yang diikuti oleh pelajar tingkat SMP sederajat se-Kota Pekalongan.

“Lomba ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, melainkan tujuan yang jauh lebih besar dan terpenting adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada para pelajar mengenai wawasan kebangsaan dan pilar-pilar dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara,” kata Bambang.

Dari LCC ini akan diambil juara pertama yang pada April 2020 mendatang untuk berlaga di tingkat provinsi. “Semoga melalui LCC para pelajar menjadi generasi muda yang diharapkan mampu menjalankan peran strategis di masyarakat menjadi calon pemimpin bangsa yang baik pada masa mendatang,” lata Bambang.(YON)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini