Ribuan Ayam Milik Peternak di Pemalang Ludes Terbakar

0

PEMALANG (PUSKAPIK) – Nasib naas menimpa H.Wahyono, warga Dusun Brobohan RT 01 RW 01 Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Ribuan ekor ayam miliknya ludes dilalap si jago merah usai api membakar dua kandang ayam miliknya, Sabtu (22/2/2020) dini hari.

Menurut saksi mata, Tarmo, warga setempat yang tinggal di samping kandang ayam milik korban, api menghanguskan dua kandang milik Wahyono pada dinihari sekitar pukul 03.30 WIB. Sedikitnya 6.000 ekor ayam ikut ludes terbakar api.

“Menjelang subuh saya terbangun dan kaget melihat banyaknya asap yang masuk dalam rumah saya. Saat jendela rumah saya buka, ternyata kobaran api membesar di kandang ayam samping rumah saya,” ungkap Tarmo.

Melihat kejadian itu, spontan Tarmo keluar rumah dan berteriak minta tolong. Beruntung, warga sekitar langsung berduyun-duyun datang untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Berkat kesigapan warga, api bisa dipadamkan sejam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluha juta rupiah.

Dari informasi yang diterima Puskapik, sedikitnya 6.000 ekor ayam yang ada dalam kandang ikut ludes terbakar. Diduga kebakaran dipicu oleh percikan api dari pemanas kandang yang menggunakan briket batu bara. Bangunan kandang ayam sendiri terbuat dari bambu dan kayu sehingga bangunan mudah terbakar. (KN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini