Heikyaaah! Festival Budaya Bangkuncung Getarkan Warungpring Pemalang

0
Komunitas seni budaya dan masyarakat di Kecamatan Warungpring, Pemalang, Minggu (16/2/2020) menggelar Festival Budaya Bangkuncung, di Lapangan Desa Cibuyur.FOTO/ PUSKAPIK/URIP SUPRIYADI

PEMALANG (PUSKAPIK) – Komunitas seni budaya dan masyarakat di Kecamatan Warungpring, Pemalang, Minggu (16/2/2020) menggelar Festival Budaya Bangkuncung, di Lapangan Desa Cibuyur. Selain untuk memperingati HUT 445 Kabupaten Pemalang, kegiatan ini juga digelar untuk melestarikan budaya lokal.

Festival Budaya Bangkuncung yang dibuka Sekda Pemalang, Ir. M Arifin ini merupakan budaya khas daerah setempat yang artinya Terbang, Kuntulan, Kenceran dan Calung. Selain pertunjukan seni, dalam Festival Budaya Bangkuncung ini juga dilaksanakan kirab yang diikuti oleh masing-masing desa. Mereka menampilkan gunungan hasil pertanian, pakaian tradisional, drumb band dan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Festival Bangkuncung, Basuki, kegiatan ini diikuti enam desa yang ada di Kecamatan Warungpring seperti Desa Warungpring, Desa Mereng, Desa Cibuyur, Desa Pakembaran, Desa Karangdawa dan Desa Datar.

“Masing-masing desa menampilkan kesenian tradisional mereka seperti terbang, kuntulan, kenceran dan calung,” kata Basuki kepada awak media, kemarin.

Menurut Basuki, festival ini digelar untuk melestarikan budaya lokal, sekaligus perayaan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke 445. Acara ini katanya, rencananya akan diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan agar potensi budaya lokal yang ada di Kecamatan Warungpring.

“Mudah-mudaha ke depan bisa dikemas lebih baik. Dan melalui festival ini, kita harapkan bisa meningkatkan perekonomian warga Kecamatan Warungpring yang terkenal dengan duriannya,” ujarnya. (KN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini