9.010 KPM Kota Pekalongan Terima Bantuan Program Sembako 2020

Advertisement

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan mencatat sebanyak 9.010 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima program Sembako 2020. Mereka tersebar di empat kecamatan yang ada di Kota Pekalongan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Darsilah saat ditemui di kantornya, Kamis (13/2/2020), mengatakan, per Januari 2020, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dikelola Kementerian Sosial resmi bertransformasi menjadi Program Sembako. Transformasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektivitas program bantuan sosial pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

“Untuk jumlah penerima program Sembako Tahun 2020 Kota Pekalongan sebanyak 9.010 KPM. Mereka tersebar di Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 2.618 KPM, Kecamatan Pekalongan Selatan 1.868 KPM, 2.478 KPM di Kecamatan Pekalongan Barat, dan Kecamatan Pekalongan Timur sebanyak 2046 KPM,” kata Darsilah.

Dalam program tersebut setiap bulan KPM akan mendapatkan bantuan pangan sebesar Rp150.000. Jumlah ini naik dari 2019 lalu pada program BPNT yang hanya sebesar Rp110.000. Sesuai peraturan, jumlah bantuan tersebut dialokasikan untuk membeli beberapa bahan makanan seperti daging, ayam, ikan dan sayur-sayuran. Bantuan tersebut digunakan untuk membantu peningkatan gizi keluarga miskin.

“Ada beberapa perbedaan antara BPNT dengan bantuan program sembako ini di antaranya adalah peningkatan nominal yang semula Rp110.000 per bulan per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) menjadi Rp150.000/bulan/KPM. Selanjutnya, dari segi komoditi yang diterimakan nanti juga ada perubahan dari hanya mendapatkan beras, minyak dan telor yang berbentuk paket, untuk program yang tahun ini bermacam-macam untuk membantu peningkatan gizi keluarga miskin. Perluasan komoditi mencakup kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati, mineral serta vitamin per KPM,” kata Darsilah.

KPM yang menerima bantuan ini, lanjut Darsilah, hanya dapat menukarkan dengan bahan makanan seperti beras, telur, daging, buah, sayur ataupun yang lainnya yang sudah disediakan oleh e-warung yang bekerjasama dengan Dinsos-P2KB Kota Pekalongan.

“Database KPM nya berasal dari SP2D dari Kementerian Sosial Pusat yang kemudian pencairan dana akan ditransfer ke bank yang bekerja sama terkait program ini seperti BNI. Untuk penyaluran bulan Januari kemarin, kami akan salurkan di bulan Februari ini dengan cara merapel, untuk bulan Januari akan disalurkan pada pertengahan Februari 2020 dan di akhir bulan ini untuk pencairan Bulan Februari,” kata Darsilah.(YON)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!