Dinsos Kota Pekalongan Mulai Salurkan Bantuan Sembako, Nilainya Naik Jadi Rp150.000

Sosialisasi Program Sembako Tahun 2020 bersama jajaran dinas terkait, Babinkamtibmas, lurah, pengurus TKSK, pengelola e-warung di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Selasa (11/2/2020). FOTO/PUSKAPIK/SURYONO

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan mulai menyalurkan bantuan Program Sembako 2020 sebagai transformasi Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayahnya. Bantuan yang semula hanya Rp110.000, tahun ini meningkat menjadi Rp150.000 per bulan dan per KPM.

“Program sembako merupakan pengembangan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial. Perbedaannya adalah peningkatan nominal yang semula Rp110.000 menjadi Rp150 ribu per bulan per KPM. Selanjutnya, dari segi komoditi yang diterimakan nanti juga ada perubahan dari hanya mendapatkan beras, minyak, dan telor yang berbentuk paket, untuk program tahun ini bermacam-macam untuk membantu peningkatan gizi keluarga miskin,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Darsilah usai membuka kegiatan Sosialisasi Program Sembako Tahun 2020 bersama jajaran dinas terkait, Babinkamtibmas, lurah, pengurus TKSK, pengelola e-warung di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Selasa (11/2/2020).

Darsilah menerangkan, perluasan komoditi mencakup kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati, mineral serta vitamin per KPM. Penerima bantuan, lanjut Darsilah, mendapatkan bahan makanan seperti beras, telur, daging, buah, sayur ataupun yang lainnya yang sudah disediakan oleh e-warung yang bekerja sama dengan Dinsos-P2KB Kota Pekalongan.

“Database KPM-nya berasal dari SP2D dari Kementerian Sosial yang kemudian pencairan dana akan ditransfer ke bank yang bekerja sama terkait program ini seperti BNI. Untuk penyaluran bulan Januari, kami akan salurkan di bulan Februari ini dengan cara merapel. Untuk bulan Januari akan disalurkan pada pertengahan Februari 2020 dan di akhir bulan ini untuk pencairan bulan Februari,” kata Darsila.(YON)

Tinggalkan Balasan