Halal Bihalal Idul Fitri Jadi Pertemuan Akbar Keluarga Besar TNI-AL Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 jadi ajang silaturahmi Paguyuban Keluarga Besar Angkatan Laut Pemalang (Pakubalang). Momentum ini pun jadi pertemuan akbar prajurit TNI-AL ‘putra daerah Pemalang’ itu setelah bertahun-tahun tak bersua.

Ratusan prajurit TNI-AL putra daerah Kabupaten Pemalang tersebut berkumpul dalam acara Halal Bihalal yang digelar di Aula salah satu Hotel di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Mulyoharjo, Pemalang, Sabtu 13 April 2024.

Sedikitnya ada 300 prajurit TNI-AL yang hadir dalam acara halal bi halal bertajuk “Eratkan Silaturahmi Eratkan Jiwa Korsa” itu. Mereka datang dari berbagai penjuru wilayah penugasan di nusantara, sekaligus berlibur di kampung halaman.

Salah satu sesepuh Pakubalang, Kolonel Laut Imam Mahdi S.H., M.H., mengatakan, halal bi halal kali ini menjadi pertemuan akbar setelah terakhir kali digelar pada 2018 silam lantaran terhalang pandemi dan kesibukan tugas masing-masing.

“Total anggota kita itu mencapai 400 prajurit. Mereka prajurit TNI-AL asli Pemalang yang bertugas di berbagai pelosok wilayah, daerah perbatasan, misalnya Sorong.” ungkap Imam Mahdi.

Pakubalang sendiri, kata Imam Mahdi, dibentuk sejak tahun 90-an. Tujuannya tak lain adalah sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi prajurit TNI-AL asal Pemalang serta saling membantu dalam bingkai keluarga besar TNI-AL.

“Kita punya visi misi jangan sampai keluarga besar kita pra-sejahtera, kita pasti saling bantu keluarga kita sesuai kemampuan dengan iuran dana.” kata pria yang menjabat Staff Ahli Panglima Koarmada II TNI-AL Surabaya itu.

Harapannya Pakubalang bisa terus eksis di Kabupaten Pemalang dan turut memberikan kontribusi positif seperti aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan serta mendukung pembangunan daerah.

“Jadi harapannya nanti kita juga bisa mewarnai Kabupaten Pemalang untuk kebaikan ya. Anggota kita itu ada juga yang purna dan jadi Lurah, kedepan juga mungkin harus ada yang jadi Bupati Pemalang.” ujar Imam Mahdi.

“Kita semua ingin bersama-sama menjaga Pemalang. ‘Pemalang kui omahe dewe, kudu dijaga rame-rame’.” imbuh prajurit TNI-AL asal Comal itu.

Seluruh anggota Pakubalang bersalam-salaman dalam acara Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 yang digelar di aula salah satu Hotel di Jalan Jenderal Ahmad Yani Pemalang, Sabtu 13 April 2024.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

Sementara itu, Bupati Pemalang yang diwakili Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Agus Ikmaludin, menyampaikan, apresiasinya terhadap soliditas dan kekeluargaan anggota Pakubalang.

“Kami ucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Acara ini kiranya bisa menjadi ajang silaturahmi, melepas rasa kangen dan bernostalgiam. Kami berharap Pakubalang bisa terus berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi positif terhadap Pemalang.” ungkapnya.

Dalam halal bi halal tersebut, Pakubalang juga memberikan santunan kepada para janda dari prajurit yang telah gugur serta anak-anak yatim piatu.

Halal Bihalal yang di inisiasi Mayor Laut (P) Nurofik ini juga dihadiri para sesepuh Pakubalang, diantaranya Kolonel Laut Ali Agustoni, Kolonel Laut Andri, Kolonel Laut Erfandrio, dan Kolonel Laut Mujiharto.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini