Lihat, 50 Warga Botekan Pemalang Terima Sertifikat Tanah Usaha Mikro dan Kecil

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – LIMA PULUH warga Desa Botekan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang menerima sertifikat hasil dari program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil 2023.

Sertifikat SHAT tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama Kepala ATR/BPN Pemalang, Gusmanto di Gedung Olahraga Desa Botekan, Selasa 30 Januari 2024.

Mansur mengajak kepada para penerima untuk mensyukuri telah terbitnya sertifikat, yang menjadikan status kepemilikan tanahnya menjadi jelas.

“Tentunya hal ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, mengingat dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas,” ujar Mansur.

Lebih dari itu, kata Mansur, sertifikat ini juga bernilai guna sebagai modal untuk membuka usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para penerima program SHAT 2023 ini.

Bupati berpesan kepada para penerima untuk menjaga sertifikat dengan baik, dan apabila memang harus digunakan, dia berharap penerima menggunakannya dengan bijak.

“Karena sertifikat merupakan surat berharga, bijaksanalah dalam menggunakannya untuk kepentingan usaha produktif bukan konsumtif,” Mansur

Senada dengan Bupati, Kepala ATR/BPN Pemalang Gusmanto mengatakan apabila sertifikat digunakan untuk upaya produktif, maka akan berpengaruh terhadap perekonomian Desa Botekan.

“Kalau bapak ibu menjadikan sertifikat ini produktif, itu akan meningkatkan ekonomi tidak hanya di Botekan saja, tapi mempunyai imbas atau impac yang lebih,” ujar Gusmanto.

“Untuk pelaku UMKM saya sarankan jangan disimpan, tapi jadikan modal, bagi mereka yang mau usaha silahkan, yang sudah berusaha untuk nambah modal. Itu pentingnya sertifikat untuk UMKM, kalau UMKM (sertifikatnya) disimpan ya sama saja,” imbuhnya.

Pembagian SHAT ini merupakan hasil dari nota kesepahaman Kementerian ATR/BPN dengan empat kementerian mengenai Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakat bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan.

Kepala Desa Botekan, Trisnanto, mewakili warganya mengucapkan terima kasih atas penyerahan sertifikat tersebut. Selain itu, dirinya juga berharap agar pada tahun mendatang desanya mendapatkan kuota SHAT lebih banyak dari pada tahun 2023 lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberikan program SHAT kepada masyarakat Desa Botekan, yang kami harapkan di tahun berikutnya nanti bisa lebih (banyak). Ini yang dikehendaki masyarakat Botekan” ucap Trisnanto.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini