Hari Wayang Nasional di Pemalang Suguhkan Pentas Dalang Cilik Lokal

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Peringatan Hari Wayang Nasional (HWN) 2023 di Kabupaten Pemalang dimeriahkan dengan pentas dua dalang cilik asli “Kota Ikhlas” yang digelar di Gedung Serbaguna Pemalang, Sabtu 25 November 2023.

Adalah Krisna Agung Binatara dalang cilik dari SD Negeri 01 Banyumudal Moga dan Bima Sena dari SMPN 2 Comal. Keduanya tampil apik menyuguhkan lakon pewayangan di hadapan para pejabat dan warga Pemalang.

Dalam pentas itu, dalang cilik Krisna Agung Binatara menampilkan lakon “Anoman Duta”. Sementara Bima Sena menampilkan lakon “Sang Bima”.

Pentas wayangan dalam rangka Hari Wayang Nasional 2023 tersebut dibuka oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, secara simbolis dengan menyerahkan wayang kulit tokoh Bima kepada dalang Bima Sena.

“Walaupun telah berlalu tetapi semangat untuk menguri-uri budaya nasional bangsa yaitu wayang kulit dan wayang golek menjadi warisan dunia tak benda,” ujar Mansur dalam sambutannya.

Bupati Mansur pun berpesan kepada seluruh pihak yang hadir, khususnya bagi para pelajar sekolah di Kabupaten Pemalang agar menjadi generasi penerus dalam upaya pelestarian wayang di Indonesia.

“Ayo uri-uri dan lestarikan budaya asli bangsa Indonesia yaitu wayang,” ajak Mansur.

Sementara itu, Plt Kepala Dindikbud Kabupaten Pemalang, Supa’at, menuturkan, pertunjukan wayang kulit merupakan penggabungan dari sastra, seni karawitan, dan seni rupa yang banyak mengajarkan budi pekerti luhur, saling mencintai dan menghormati.

Supa’at berharap, generasi muda dapat tertarik dengan salah satu kesenian unggulan Indonesia ini, agar dapat mengambil segala pelajaran yang ada dalam tokoh pewayangan dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi, peringatan HWN yang jatuh setiap tanggal 7 November di Kabupaten Pemalang ini juga dimeriahkan dengan pementasan karawitan oleh pelajar serta seminar wayang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!