Mansur Sebut Rumput Liar Jadi Salah Satu Penyebab Jalan di Pemalang Cepat Rusak

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menginginkan adanya pengadaan alat pembersih rumput liar di bahu jalan yang berpotensi menyumbat aliran air di jalanan saat hujan dan mengakibatkan jalan cepat rusak.

Itu diungkapkan Mansur Hidayat saat dirinya meninjau ruas-ruas jalan yang rusak di wilayah Kabupaten Pemalang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Senin 6 Maret 2023.

Peninjauan menyasar ruas jalan di Kecamatan Taman, Petarukan dan Pemalang antara lain Desa Sewaka, Desa Pedurungan, Desa Iser, Desa Petanjungan, Desa Kendalsari, Desa Widodaren, dan Desa Karangasem.

“Dari tadi sepanjang kita lewati di bahu-bahu jalan banyak rumput, untuk itu kita perlu pengadaan alat berat yang bisa membersihkan rumput pada bahu jalan.” ujar Mansur disela-sela peninjauan.

Pasalnya, kata Mansur, jika bahu jalan banyak ditumbuhi rumput nantinya saat turun hujan, air tidak bisa mengalir ke drainase/selokan akibat tertahan rumput. Walhasil, air menggenang di tepian jalan.

“Air menggenang di pinggir jalan lama-lama nanti (sebabkan) jalan rusak. Jadi maksud saya ada pengadaan alat baru seperti bego atau escavator kecil (pembersih rumput), tapi yang bannya karet (roda),” ungkapnya.

“Cobalah kita pengadaan alat untuk perawatan, kalau kita bangun jalan, tetapi perawatannya tidak benar akan sayang, cepat rusak. Karena musuh terberatnya adalah air,” imbuh Mansur Hidayat.

Selain perawatan jalan, dalam kesempatan itu Mansur Hidayat juga mengingatkan OPD terkait pentingnya pengawasan saat pelaksanaan pengerjaan perbaikan jalan rusak, agar hasil pekerjaan perbaikan tersebut maksimal.

“Makanya kalau ada pekerjaan kita harus turun ke lapangan,” tegas Mansur.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!