Pertama di Indonesia, Ada Festival Shuttlecock di Desa Lawatan Tegal

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sebuah gelaran Festival Shuttlecock dilangsungkan di Gedung Olahraga (GOR) Desa Lawatan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Senin malam 29 Agustus 2022. Festival tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Lawatan bersama Karang Taruna Bima Sakti Lawatan.

Tujuan festival shuttlecock ini adalah untuk makin memperkenalkan Desa Lawatan sebagai sentra pengrajin Shuttlecock terbesar di Kabupaten Tegal, sekaligus mengangkat produk Shuttlecock hasil produksi rumahan masyarakat desa tersebut.

Festival Shuttlecock yang disebut baru pertama digelar di Indonesia ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Tegal, Ahmad Uwes Qoroni.

“Potensi Cock (Shuttlecock) yang ada di Desa Lawatan kedepan harus digarap secara serius dan dijadikan destinasi wisata yang cukup besar di Kabupaten Tegal,” kata Uwes saat memberikan sambutan

Festival dengan tema “Explore UMKM Desa Lawatan” ini diisi beberapa event antara lain turnamen Badminton, pameran alat-alat produksi Shuttlecock, pameran produk Shuttlecock dan bazar UMKM Desa Lawatan.

Pembukaan festival ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Tegal, dilanjutkan arak-arakan Shuttlecock berukuran besar dari Balai Desa Lawatan menuju lokasi festival di GOR Dewa Lawatan.

Arak-arakan Shuttlecock raksasa tersebut diikuti masyarakat Desa Lawatan beserta unsur Muspika Dukuhturi dengan iringan musik Rebana.

“Saya merasa bangga dengan kreatifitas anak muda melalui Karangtaruna Bima sakti lawatan dengan adanya festival Shuttlecock yang baru pertama kali diadakan di Indonesia,” ujar Kades Lawatan, Sutarjo.

Kontributor : Wijayanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini