HUT RI ke-77, Lanal Tegal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dalam Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 dengan melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut.

Upacara bendera tersebut tepatnya dilaksanakan di perairan Karang Jeruk, Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Rabu 17 Agustus 2022. Upacara ini juga merupakan perintah Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Bertindak Selaku Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut adalah Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla, Komandan Upacara Palaksa Lanal Tegal Mayor Mar Sukirno H.S.

Peserta upacara sebanyak 17 personel, terdiri dari Lanal Tegal 7 personel, Polairud Polresta Tegal 2 personel, SAR Kabupaten Brebes 1 personel, BPBD Kabupaten Brebes 3 personel, Universitas Panca Sakti Kota Tegal 2 personel, Saka Bahari Lanal Tegal 1 personel dan Possi Tegal 1 personel.

Sedangkan unsur pendukung kegiatan pengibaran bendera merah putih bawah laut adalah Kal Maribaya, Sea Rider (RHIB) dan 2 (dua) unit perahu karet.

Kegiatan serupa juga digelar di 77 titik lokasi yang tersebar di Indonesia. Sebelum pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, seluruh peserta di 77 titik mengikuti video conference (vidcon) bersama Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Puwono yang di ikuti oleh peserta di 77 titik.

Momen pengibaran bendera di bawah laut ini untuk menunjukkan luasnya laut nusantara dengan berjuta kekayaan hayati didalamnya, harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, serta untuk menguatkan jiwa nasionalisme kepada bangsa dan negara.

“Prajurit Lanal Tegal sebagai prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan negara pada umumnya dan siap menjaga keamanan laut khususnya di wilayah perairan Pantai Utara Laut Jawa,” tegas Danlanal Tegal, Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla, usai upacara.

Dalam kesempatan yang sama Danlanal Tegal menyampaikan bahwa, kegiatan pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 titik ini adalah wujud kepedulian dan kebanggaan TNI AL kepada bangsa negara dalam memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia’.

“Kita wajib bersyukur bahwa saat ini kita masih menghirup udara kemerdekaan dan semoga para pejuang pendahulu kita mendapat tempat yang damai disisi Allah. Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan memberikan karya dan motivasi untuk membangun generasi lebih berjiwa nasional dan mampu di banggakan bangsa dan negara,” terang Danlanal.

Danlanal menambahkan, kegiatan upacara bendera dibawah laut ini selaras dengan perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

“Kegiatan upacara detik-detik proklamasi ini selaras dengan perintah harian Kasal,” tandas Danlanal.

Kontributor : Wijayanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini