Sempat Tertunda Pandemi, Ratusan Jemaah Haji Pemalang Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan jemaah haji asal Kabupaten Pemalang berangkat menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah Arab Saudi setelah sempat tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 152 jemaah haji kloter 35 itu dilepas langsung oleh Bupati Mukti Agung Wibowo bersama Forkopimda Pemalang di Pendopo Kantor Bupati, Minggu 26 Juni 2022.

Bupati Mukti Agung Wibowo berpesan kepada para jemaah agar mengikuti petunjuk dan aturan dari pembimbing selama menunaikan ibadah Haji.

Tak ketinggalan, Bupati mengingatkan para jemaah untuk menjaga kesehatan. Mengingat, diperkirakan suhu di Arab Saudi berkisar antara 40-44 derajat celcius.

“Untuk itu, pastikan agar asupan gizi anda terpenuhi sehingga kondisi tubuh selalu fit dan prima.” ujar Mukti Agung Wibowo.

Bupati juga meminta Tim Pembimbing Haji Daerah dan Tim Kesehatan Haji Daerah untuk melaksanakan tugas dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab.

“Dampingi, bimbing dan fasilitasi para jamaah dalam melaksanakan ibadah agar sesuai dengan syarat dan rukun yang ada,” tegasnya.

Diketahui, tahun 2022 ini ada 300 jemaah haji asal Kabupaten Pemalang yang berangkat menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, salah satu jemaah haji asal Kabupaten Pemalang, Mohamad Ibnu Maskuri, mengaku bahagia bisa berangkat menunaikan ibadah Haji setelah sempat 2 tahun tertunda.

Ibnu Maskuri dan dua saudaranya mendaftar sebagai calon jamaah haji pada tahun 2011 silam dan semestinya berangkat pada 2019 lalu. Namun tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Waktu itu kita pasrah dan meyakini keputusan yang dibuat pemerintah adalah keputusan yang terbaik buat semua. Alhamdulilah hari ini kita berangkat.” ungkapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini