Yuk! Uji Nyali di Kali Lolong Pekalongan

0
Rombongan wisatawan mencoba menaklukkan derasnya Sungai Lolong, Karanganyar, Pekalongan, saat liburan Selasa (31/12/2019) lalu (Foto: Puskapik/Istimewa)

PEKALONGAN (Puskapik)-Meskipun tahun baru dan liburan sekolah sudah usai, berwisata menjadi agenda yang biasa dilakukan. Salah satu paket wisata yang bisa dicoba adalah arung jeram di Kali Lolong, kecamatan Karanganyar kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Serunya memacu adrenalin dengan main arung jeram di sungai pegunungan ini sangat mennantang . Sungai dengan air cukup deras penuh bebatuan dan pemandangan indah ini, menjadi salah satu tempat tujuan wisata ekstrime namun tetap aman.

“ Di tempat ini, wisatawan dimanjakan bisa main air sepuasnya dan menikmati keindahan alam pegunungan Pekalongan wilayah selatan. Pengunjung bisa menjajal naik perahu karet dengan arus sungai cukup deras melakukan rafting atau arung jeram” jelas Maman Firmansyah, pengelola wisata.

Wisata tempat ini dikelola oleh pemuda Desa Lolong dan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Pekalongan. “ Menikmati arung jeram atau rafting di tempat ini dijamin aman karena pemandu bersertifikat juga keamanan sudah standard, “ jelas Maman.

Sebelum menikmati wahana ekstrime ini, harus memakai alat pengamanan seperti pelindung kepala atau helm, baju pelampung, perahu karet dan dayung. Sebelum masuk ke air, pengunjung dipandu untuk pemanasan agar tidak kram atau sakit saat rafting.

Satu perahu dinaiki 4 sampai lima orang, lalu mereka meluncur di derasnya air penuh bebatuan ini. Mereka bisa menimmati keindahan alam sisi kanan dan kiri sungai juga serunga memacu perahu di tengah air sungai yang deras ini. Seorang pemandu disetiap perahu menjaga agar para wisatawan bisa menikmati tetap nyaman serta aman.

Banyaknya bebatuan membuat aliran air bergelombang juga banyak cerug atau turunan tajam, hal ini menjadi sensasi tersendiri. Wisawatan harus terus bekerja secara kompak agar perahu bisa terkayuh aman dan lancar, namu kadang juga ada yang terbalik karena derasnya air.

Perahu terbalik saat memacu di derasnya air, tak membuat ketakutan justru menjadi sensasi sendiri. Mereka harus tetap tenang agar bisa terus berenang dan menggapai perahu lagi.

Di salah satu titik, wisatawan diminta turun dari perahu, untuk mencoba sensasi lompat dari atas tebing ke air. Satu persatu wisatawan mencoba terjun ke air dari ketinggian sekitar 15 meter ini.

Tak semua wisatawan berani, ada juga yang sampai di atas tapi batal terjun. Namun banyak yang menjajal wahana terjun dari tebing ini.
Wisatawan tak hanya dari Pekalongan namun juga dari berbagai daerah seperti Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung juga luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatra. Salah satunya dari para influencer atau anak muda yang mempunyai folower cukup banyak di media sosial dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menajal wisata arung jeram ini dan mengaku sangat senang serta menikmati keindahan alam daerah ini.

“ Sangat senang menikmati keindahan alam dan mencoba wahana arung jeram di tempat ini, rasanya ketagihan dengan serunya berbacu ditengah derasnya air sungai Lolong ini,“ ujar Syahrial wisatawan dari Jakarta.

Untuk menikmati arung jeram ada beberapa paket harga tergantung panjang dan pendek jalur juga fasilitas. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 150 ribu per orang sampai Rp 250 ribu per orang sudah termasuk makan dan minum. Bagi anda yang belum punya tujuan tempat wisata, bisa mencoba wahana arung jeram di Lolong Adventure Karanganyar Pekalongan ini. ( Yon)

Rombongan wisatawan mencoba menaklukkan derasnya Sungai Lolong, Karanganyar, Pekalongan, saat liburan Selasa (31/12/2019) lalu (Foto: Puskapik/Istimewa)