Bocah Brebes dengan Uang Logam di Tenggorokan, Dirawat di RSUD

Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Bocah Brebes, Fatan Almaisan Zein (6), bocah yang hidup dengan uang logam di tenggorokan, Kamis 4 November 2021 menjalani pemeriksaan di RSUD Brebes. Rencananya, bocah warga Kelurahan Pasarbatang ini akan dirujuk ke RSUP Karyadi Semarang untuk menjalani operasi.

Didampingi Ernawati (26) dan Kusuma Edi, Lurah Pasarbatang, Fatan menjalani pemeriksaan di poliklinik. Petugas RSUD juga merontgen bagian tenggorokan Fatan untuk mengetahui posisi terakhir uang koin Rp.1000 bergambar angklung.

Jundi Azmi, dokter RSUD Brebes yang menangani Fatan mengatakan, dari hasil pemeriksaan medis d RSUD Brebes, uang koin pecahan seribu rupiah masih berada di tenggorokan Fatan. Menurut pemeriksaan dokter, ukuran uang tersebut terlalu besar untuk ukuran tenggorokan Fatan, sehingga masih menyangkut di tenggorokan.

“Posisi uang itu masih di tenggorokan. Ukuran koin terlalu besar untuk tenggorokan bocah itu sehingga masih nyangkut di kerongkongan. Biasanya jika tenggorokan ukurannya besar, uang akan keluar secara alami melalui kotoran,” ungkap dr Jundi.

Jundi menambahkan, Fatan akan segera dirujuk ke RSUP Karyadi Semarang untuk penanganan lebih lanjut. Tindakan bisa berupa operasi atau yang lain, tergantung dari tim yang menangani nanti.

“Akan dirujuk ke RSUP Karyadi Semarang. Nanti akan ditangani di sana,” terangnya.

Lurah Pasarbatang, Kusuma Edi saat mengatakan, keluarga Fatan masuk golongan tidak mampu. Maka dari itu, pihaknya akan menggunakan SKTM agar tidak dibebani biaya medis.

“Kami mendampingi keluarga ini karena tidak memiliki BPJS. Sehingga upaya yang kami lakukan ialah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu. Kebetulan sekali, keluarga pasien ini masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” ” katanya.

Kejadian yang menimpa Fatan ini banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak. Beberapa donatur telah memberikan bantuan uang dan fasilitas, termasuk dari AKBP Faisal Febrianto, Kapolres Brebes.

Sebelumnya diberitakan, cerita sedih datang dari Brebes. Seorang bocah 6 tahun warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, hidup dengan uang koin 1000 di tenggorokan. Keluarga ini tidak memiliki cukup uang untuk membawa anaknya ke rumah sakit untuk operasi.

Uang koin bergambar angklung ini sudah bersarang di tenggorokan Fatan Almaisan Zein (6) sejak awal Oktober lalu. Hingga hari ini, belum ada tindakan medis untuk mengeluarkan koin dari tubuh anak ini.

Ernawati (26) ibu dari Fatan mengaku, beberapa kali sudah mendatangi rumah sakit untuk menamyakan soal besaran biaya operasi anaknya. Namun saat petugas membuka jumlah angka yang harus disiapkan, nyalinya pun langsung ciut.

Menurut Ernawati, Fatan tidak langsung membelanjakan uang tersebut. Sambil berbaring di kamar, dia memainkan uang di atas kepala dan terjatuh ke mulut Fatan.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini