Awas! di Tegal DBD Mulai Jangkiti Warga

Seorang pasien DBD di RS Mitra Siaga Tegal sedang diperiksa dokter, Jumat siang, 29 Oktober 2021.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Slawi – Memasuki musim penghujan dan pancaroba, warga di sejumlah desa di Kabupaten Tegal mulai terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Tidak sendikit penderita DBD yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Di RS Mitra Siaga misalnya, jumlah pasien DBD terus mengalami peningkatan sejak bulan Juni hingga Oktober 2021. Berdasarkan dara rekam medis RS Mitra siaga bulan Juni 2021 terdapat 5 pasien, Juli sebanyak 2 Pasien, Agustus 3 pasien, September 7 pasien dan Oktober 8 pasien.

“Terutama dua bulan terakhir September – Oktober terjadi peningkatan cukup signifikan,” kata Kepala Instalasi Rawat Inap RS Mitra Siaga, dr. Rohmatullah, Jumat siang, 29 Oktober 2021.

Rohmatullah menerangkan, pasien DBD umumnya datang dengan kondisi demam, nyeri perut, serta muntah-muntah. Selain itu, hasil pemeriksaan sampel darah juga menunjukan adanya penurunan trombosit.

“Rata-rata trombosit pasien yang masuk kesini dibawah 100 ada yang 70, 80. Normalnya diatas 150. Karena trombositnya berkurang mereka periksa di Puskesmas atau Lab Swasta sehingga periksa di rumah sakit,” terang Rohmatullah.

Rohmat mengungkapkan, sejauh ini semua pasien DBD yang dirawat di RS Mitra Siaga bisa tertangani dengan baik. Meski awalnya datang dalam kondisi demam dan lemas, para pasien berangsur pulih setelah mendapat penanganan medis.

“Sejauh ini kasus DBD di RS Mitra Siaga Alhamdulillah bisa tertangani dengan baik. Jangan sampai ada yang meninggal ya. Yang di ICU juga belum ada,” ujarnya.

Khaeriyah (35), salah satu orang tua pasien DBD asal Desa Kertaharja menuturkan, di desanya sudah cukup banyak warga yang terserang DBD. Menurutnya, DBD mulai muncul dalam sebulan terakhir.

“Sudah banyak warga yang kena DBD. Saya sudah usul ke balai desa untuk disemprot foging, tapi sampai sekarang belum ada penyemprotan,” ujarnya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini