Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Pemalang Luncurkan Program MOVE

Gebyar Sumpah Pemuda 93 Karang Taruna Kabupaten Pemalang di lapangan depan Balai Desa Sokawangi, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Kamis, 28 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Karang Taruna Kabupaten Pemalang memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengelar berbagai kegiatan. Dari mulai senam sehat, donor darah, panggung apresiasi pemuda, hingga lomba memancing.

Peringatan Sumpah Pemuda ke-93 itu digelar di lapangan depan Dalai Desa Sokawangi, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Kamis 28 Oktober 2021. Terlihat hadir di lokasi acara, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) lainnya..

Selain itu menggelar lomba, Karang Taruna juga menanam 9.300 bibir pohon di sepanjang aliran sungai sebagai bagian dari konservasi lingkungan, serta melaunching program Millenial Organizing Village (MOVE).

Ketua Karang Taruna Pemalang, Abdul Hakim menegaskan, momentum Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk meningkatkan kapasitas peran Karang Taruna bagi pembangunan Pemalang. “Pemuda didorong untuk memiliki kesadaran, kemauan, untuk ikut berpartisipasi pemuda dalam membangun desa, bagi pemuda Karang Taruna desa,” kata Abdul Hakim.

Melalui program MOVE ini, Abdul Hakim yakin pemuda di daerahnya akan lebih memiliki peran strategis, serta kemampuan untuk ikut terlibat dalam musyawarah desa (musdes).

Sementara itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengajak agar aksi penanaman pohon dalam peringatan Sumpah Pemuda menjadi komitmen bersama untuk melestarikan alam. “Pohon-pohon yang telah ditanam terus dijaga, sehingga kelestarian alam dan sumber air di Kabupaten Pemalang akan tetap terjaga,” katanya.

Lebih jauh, kata Mukti Agung, penanaman pohon ini juga dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan global, degradasi, dan deforestasi hutan.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat menghasilkan suatu keseimbangan dan kelestarian lingkungan yang konkrit bagi masa depan sebagai modal utama pembangunan nasional menuju masyarakat yang makmur sejahtera,” katanya.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini