Sedekah Bumi Desa Penggarit Pemalang, Ekspos Budaya Lokal

Sedekah bumi Desa Wisata Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, di Benowo Park, Minggu 17 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Desa Wisata Penggarit, Kabupaten Pemalang menggelar upacara sedekah bumi, Minggu, 17 Oktober 2021, sebagai wujud rasa syukur, sekaligus mengekspos budaya lokal serta mengedukasi generasi muda.

Sedekah bumi yang digelar di Benowo Park ini mendapat antusiasme masyarakat sekitar dan para pengunjung. Terlebih saat prosesi berebut gunungan hasil bumi, yang sebelumnya dikirab beramai-ramai.

“Bagus dan asik sih, mengangkat kearifan lokal desa. Terus udah lama enggak ada acara kayak gini karena pandemi, ya buat refreshing,” kata Putri, salah satu pengunjung.

Selain berebut gunungan hasil bumi, para pengunjung juga dihibur penampilan musik tradisional Gistara Laras, dan gejog lesung yang merupakan kebudayaan lokal desa setempat.

Kepala Desa Penggarit, Imam Wibowo, menuturkan, sedekah bumi ini sejatinya merupakan acara tahunan yang biasa digelar di bulan Muharram. Namun, kali ini digelar saat bulan Maulid, pasca situasi pandemi Covid-19 mereda.

Sedekah bumi ini, kata Imam, sekaligus mengisi konten kegiatan pemajuan kebudayaan dari Kemendikbud RI. Desa Penggarit menjadi salah satu dari 359 Desa Pemajuan Kebudayaan se-Indonesia.

“Lewat acara ini, kami memberikan edukasi kepada generasi muda tentang budaya lokal di desa yang sarat akan unsur kegotong-royongan, persatuan, dan rasa syukur,” kata Imam Wibowo.

Bukan hanya sedekah bumi, nantinya dalam parade budaya desa di bulan Oktober 2021, masih ada beberapa acara yang menyuguhkan budaya lokaldi Desa Penggarit, seperti Serabi Likuran dan Boyong Kenthong.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini