Di Kota Tegal, Vaksinasi Lansia Dilakukan Door to Door

Camat Tegal Selatan Sartono (pakai blangkon) saat membujuk sejumlah lansia di Kelurahan Tunon, Kota Tegal, agar bersedia divaksin.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Meskipun kasus Covid-19 mereda percepatan vaksinasi di Kota Tegal terus dilakukan. Di Kecamatan Tegal Barat, petugas Puskesmas dan kecamatan melakukan vaksinasi jemput bola, untuk mengejar target capaian vaksinasi dosis pertama.

“Kegiatan ini kita sebut Tebar Mawar (teka bareng maring warga). Tujuan untuk memberikan layanan vaksin kepada warga lansia,” kata Camat Tegal Selatan, Sartono, Jumat pagi, 15 Oktober 2021.

Petugas rela keluar masuk kampung, mendatangi warga yang belum divaksin. Untuk menarik animo warga, petugas menyediakan kupon undian berhadiah sepeda motor, diperuntukkan bagi warga yang bersedia divaksin. Warga yang telah divaksin akan mendapat satu kupon undian.

“Kupon akan diundi tanggal 31 Oktober 2021. Selain motor ada hadian hiburan Kulka, kipas angin, setrika dan lain-lain,” ujar Sartono.

Namun, tak semua warga yang ditemui bersedia divaksin. Ada warga yang menolak dengan alasan sakit atau takut disuntik. Petugas pun harus membujuk dan meyakinkan warga, suntik tidak tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan efek negatif.

“Tadinya saya nggak mau vaksin karena saya kan masih sakit minum obat. Tapi tadi katanya tidak apa-apa ya sudah saya mau,” ujar salah satu warga Kelurahan Tunon, Tarjono (56).

Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Tegal sampai dengan hari Jumat, 15 Oktober 2021 telah mencapai 96 persen.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini