Wow! Ada ‘Hanoman dan Punakawan’ di Gerbang SMPN 9 Kota Tegal

Seorang siswa baru SMPN 9 Kota Tegal disambut ‘Hanoman dan Punakawan’ di gerbang sekolah, Selasa pagi, 7 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/SR
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sejumlah guru SMPN 9 Kota Tegal, terlihat berdiri di depan berdandan tokoh pewayangan ‘Punakawan, Gatotkaca dan Hanoman’, Selasa pagi, 7 September 2021. Itu sengaja dilakukan para guru untuk menyambut kehadiran siswa baru yang akan mengikuti Masa Orientasi Sekolah (MOS) hari pertama tatap muka.

Kepala SMPN 9 Kota Tegal, Eko Winarno menjelaskan, selain penerapan prosedur protokol kesehatan di lingkungan sekolah, pihaknya juga menggelar relaksasi bersifat edutainment yang dikemas secara menyenangkan dan menarik kepada para siswa baru.

Itu sebagai salah satu cara pengenalan lingkungan sekolah, serta menyembuhkan problem psikososial siswa akibat dampak pembelajaran jarak jauh yang terlalu lama sejak awal pandemi.

“Hampir 1,5 tahun mereka belajar daring. Untuk itu perlu kita berikan relaksasi di hari pertama belajar di sekolah. Kita kesampingkan suasana pembelajaran yang membosankan dan kaku,” kata Eko.

Relaksasi yang diberikan kepada para siswa baru yakni dengan mengadakan motigame dan pemantapan penguasaan akun belajar ID. Dengan kegiatan yang menyenangkan itu, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan percaya diri menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM).

Penggunaan kostum Punokawan serta tokoh pewayangan oleh sejumlah guru, tidak sekedar untuk memberikan hiburan, namun sekaligus menanamkan kecintaan kepada warisan seni budaya kepad para siswa.

“Kita berikan edukasi tentang tradisi Jawa, dengan memakai kostum pewayangan. Diharapkan para siswa akan lebih menikmati dan memahami warisan budaya Indonesia,” tandasnya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini