Harga Cabai di Brebes Anjlok, Bupati Kerahkan ASN Borong Hasil Panen Petani

ASN di lingkungan Pemkab Brebes diminta membeli 5 kg cabai petani dengan harga Rp8.000 per kg. FOTO/PUSKAPIK/IMAM SURIPTO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Harga komoditas cabai di Kabupaten Brebes anjlok menyusul panen raya di sentra sentra produksi. Untuk membantu petani, Bupati Brebes Idza Priyanti mengerahkan ASN untuk memborong hasil panen para petani.

Harga komoditas yang anjlok adalah jenis cabai rawit hijau. Harga ini turun sejak sebulan terakhir. Penurunan harga ini sempat menyentuh ke titik terendah, yakni Rp3.500-Rp4000 per kilogram di tingkat petani.

Kepala Dinas Pertania dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati mengatakan, dengan harga itu petani mengalami kerugian yang lumayan banyak. Sebab untuk mencapai Break Event Point (BEP), harga panen cabai minimal Rp6500 per kg.

“Sejak sebulan kemarin harganya mulai turun dan sempat pada angka yang rendah, Rp.3500 per kilonya. Padahal BEP cabai itu minimal Rp6500 per kilo,” kata Yulia Hendrawati di kantornya, Senin 6 September 2021.

Turunnya harga ini, kata Yulia, sebagai dampak panen raya di sentra sentra produksi cabai. Disebutkan, daerah yang menjadi sentra cabai adalah Jatibarang, Ketanggungan, Larangan dan Bantarkawung dengan total lahan seluas 59 hektare. Saat musim panen seperti sekarang, bisa menghasilkan cabai per hari sebanyak 9 ton.

“Cabai itu kan panennya parsial, setiap hari bisa panen sampai tanaman bener-bener tidak berbuah lagi,” kata Yulia.

Salah seorang petani asal Desa Sindangjaya, Kecamatan Ketanggungan, Brebes Abdullah (57) mengungkapkan, dalam sebulan terakhir harga cabai terus mengalami penurunan. Sebelumnya harga cabai di tingkat petani mencapai Rp12.000 per kg, kemudian turun menjadi Rp8.000, Rp4.000 dan terendah Rp3,500 per kg.

“Bulan kemarin harganya sudah Rp3.500 per kilogram. Harga turun memang karena sedang panen raya, untuk panen hari ini saja di Desa Sindangjaya sampai 5 ton per hari,” kata Abdullah.

Menyikapi anjloknya harga cabai, Bupati Brebes Idza Priyanti mengeluarkan kebijakan agar setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Brebes membeli cabai petani sebanyak 5 kilogram dengan harga Rp8000 per kg. Bupati mengaku, ada sekitar 9.000 orang ASN di Brebes yang dikerahkan mdmborong panen cabai petani. Langkah yang ditempuh ini, Bupati berharap bisa mendongkrak harga jual cabai di tingkat petani.

“Dampaknya langsung terasa. Sekarang harganya Rp7.000 per kg. Bulan kemarin memang harganya turun sampai Rp3.500 karena panen raya. Jadi kami minta ASN di lingkungan Pemkab Brebes membeli cabai petani untuk membantu mereka supaya tidak rugi,” kata Idza.

Kontributor: Imam Suripto
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini