RSUD dr M Ashari Pemalang Siapkan Alat PCR 500 Sampel Per Hari

0
Bupati-Wakil Bupati Pemalang, Agung-Mansur, meninjau laboratorium PCR di RSUD dr M Ashari, Rabu 23 Juni 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) tengah dipersiapkan di RSUD dr M Ashari, Pemalang. Diharapkan, alat ini mampu mempercepat diagnosa Covid-19.

Bupati-Wakil Bupati Pemalang, Agung-Mansur, Rabu 23 Juni 2021, meninjau laboratorium PCR di RSUD dr M Ashari yang tengah dipersiapkan itu.

Didampingi Sekretaris patologi klinik/kepala instalasi, dr Hadiati. Agung-Mansur bersama OPD menilik seluruh alat pemeriksaan Covid-19, dan diberi penjelasan proses diagnosis Covid-19 dengan PCR.

Direktur Utama RSUD dr M Ashari, dr Sunardo Budi Santoso, mengatakan, alat PCR ini adalah standar pemeriksaan Covid-19, sebagai ganti Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Sedang kita persiapkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai. Pengganti TCM karena cartridge-nya dari Kemenkes berhenti, sekarang Pemda Pemalang mengadakan PCR,” tutur Sunardo.

Lebih lanjut, dr Hadiati menerangkan, selama ini sebelum adanya alat PCR, sampel pemeriksaan Covid-19 musti dikirimkan ke balai kesehatan, Semarang.

“Kalau antriannya panjang, hasilnya baru keluar setelah seminggu. Sehingga kan memperlama diagnosa Covid ini,” terangnya.

Proses yang memakan waktu itu, kata dr Hadiati, menyebabkan kendala pada tata laksana jenazah. Karena, harus menunggu hasil PCR dari Semarang.

“Adanya mesin PCR ini di RSUD dr M Ashari, kita harapkan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Pemalang untuk membantu diagnosa Covid-19,” ungkap dr Hadiati.

Dengan manfaat mempercepat proses diagnosa Covid-19 ini, kapasitas alat PCR tersebut mampu mencakup 500 sampel per-hari.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini