BOR Sejumlah RS di Kabupaten Tegal Hampir Penuh, Begini Langkah Pemkab

0
FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Slawi – Pemerintah Kabupaten Tegal saat ini tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat di wilayah kecamatan untuk warganya yang terpapar Covid-19. Tempat isolasi terpusat tersebut akan dibuat di setiap puskesmas. Saat ini baru 4 Puskesmas yang sedang dibenahi untuk tempat isolasi terpusat dengan kapasitas 53 tempat tidur.

“Balapulang, Bojong, Penusupan dan Suradadi. Bojong kan ada puskesmas yang lama. Penusupan puskesmas lama. Belum ada serah terima dari desa kita pergunakan dulu. Lainnya sekat sekat,” ujar Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, Selasa siang, 22 Juni 2021.

Joko mengungkapkan, selain 53 tempat tidur tambahan dari Puskesmas, ada juga tambahan 88 tempat tidur dari rusunawa Surodadi. Pada periode berikutnya, kata Joko, akan dicari Puskesmas yang masih longgar untuk dilengkapi fasilitasnya.

“Ini tujuannya untuk familiar masyarakat, biar masyarakat mau isolasi. Dan juga fasilitasnya tenaganya sudah kita siapkan,” kata Joko.

Dalam minggu ini, tempat-tempat isolasi terpusat di Puskesmas tersebut sudah bisa digunakan. Menurut Joko, untuk merealisasikan 8 plan tersebut, akan dilakukan pinjam anggaran karena butuh prioritas.

“Nanti akan ada penggeseran-penggeseran. Istilahnya pinjam anggaran, karena butuh prioritas. Sehingga nanti akan kita anggarkan di TNI-Polri,” tandas Joko.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, mengungkapkan, untuk Bed Occupansy Rate (BOR) tempat tidur isolasi di rumah sakit saat ini ada peningkatan menjadi 456 atau sekitar 80 persen.

“Kedudukannya sekarang sudah 80 persen. Upaya yang pertama adalah menambah tempat tidur yang ada di rumah sakit. RSUD Soeselo sendiri akan nambah 42 tempat tidur, Mitra Siaga, RSI Singkil juga akan nambah,” ungkap Hendadi.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini