RSUD Bendan Pekalongan Penuh, Terpaksa Tolak Puluhan Pasien

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bendan Kota Pekalongan, terpaksa menolak puluhan pasien. Hal ini disebabkan sejumlah ruangan yang dikhususkan pasien Covid-19 sudah penuh.

Bahkan ruang IGD dan satu ruang lainnya sudah digunakan untuk merawat pasien positif Covid-19. Pihak rumah sakit memberlakukan sistem buka tutup dan akan menerima pasien kembali jika ada pasien yang sembuh atau meninggal.

Hingga hari ini, RSUD Bendan tengah merawat 50 orang pasien yang terpapar Covid-19. Jumlah ini melebihi kapasitas yang seharusnya hanya 26 orang pasien.

Setiap harinya, pihak rumah sakit menolak 4 hingga 6 orang calon pasien yang datang. Pihak rumah sakit memberlakukan sistem buka tutup dan akan menerima pasien kembali jika ada pasien yang sembuh atau meninggal.

Dari sejumlah pasien yang tengah dirawat di RSUD Bendan merupakan warga Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang serta Batang. Pasien dari luar kota terpaksa diterima, karena rumah sakit terdekat dengan pasien juga sudah penuh.

“Kondisi sekarang dengan kegiatan yang penuh, di IGD juga penuh. Walaupun kami sudah membagi antara reguler non-Covid dan Covid, namun kayaknya kami tetap menerima dengan sistem buka tutup, kata Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan, Junaedi Wibawa, Selasa 22 JunI 2021.

“Pada saat ruang yang kita sediakan untuk IGD Covid ada transfer ke ruang kegiatan maka kita masukkan pasien,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini