Tekan Angka Pengangguran, Dinperinaker Kota Pekalongan Gelar Job Fair Virtual 2021

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan bakal menyelenggarakan kegiatan Bursa Kerja Online (Job Fair Virtual) pada 30 Juni-1 Juli 2021.

Kepala Seksi Penempatan Kerja Dinperinaker Kota Pekalongan Heryu Purwanto mengungkapkan, sebelum adanya pandemi, job fair rutin digelar secara offline, di mana para pencari kerja berbondong-bondong mencari dan mendapatkan pekerjaan. Namun, karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai, job fair 2021 dilakukan secara online untuk menghindari kerumunan dan penyebaran serta penularan virus Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Untuk pelaksanaan job fair tahun 2021 rencana kami laksanakan pada akhir bulan, tepatnya pada tanggal 30 Juni-1 Juli 2021,” kata Heryu, Jumat, 18 Juni 2021.

Heryu mengatakan, berdasarkan data terakhir sampai hari ini, job fair akan diikuti 17 perusahaan dari dalam maupun luar Kota Pekalongan yang sudah mendaftar. Karena job fair dilakukan secara virtual, maka tidak menutup kemungkinan akan diikuti lebih dari 20 perusahaan sesuai yang ditargetkan.

Dalam pelaksanaan job fair virtual tahun 2021 ini, sejumlah perusahaan yang sudah mendaftar di platform Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) milik Kementerian Tenaga Kerja RI membuka sejumlah posisi lowongan kerja, di antaranya untuk mengisi bagian produksi, jasa keuangan, marketing, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Heryu meminta para pencari kerja (job seeker) yang ada di Kota Pekalongan bisa menyiapkan persyaratan-persyaratan berkas berupa soft file seperti foto, ijazah, transkrip nilai, Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae), dan lain-lain yang nantinya akan diunggah pada saat mendaftar job fair virtual. Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut para job seeker di Kota Pekalongan dapat segera mendapatkan pekerjaan, sehingga angka pengangguran di Kota Pekalongan semakin menurun.

“Setelah perusahaan-perusahaan masuk mendaftarkan di Sisnaker, nanti baru pencari kerja ini bisa mendaftar dengan masuk juga ke Sisnaker. Panduan pendaftarannya juga akan kami share ke masyarakat berupa baliho maupun MMT serta memberikan alamat bit.ly nya untuk buku panduan mendaftar jobfair online. Untuk tenaga kerja yang terserap belum bisa kami rinci, tergantung jumlah posisi lowongan kerja yang ada di masing-masing perusahaan. Diharapkan bisa sebanyak-banyaknya terserap agar angka pengangguran di Kota Pekalongan ini bisa semakin menurun,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!