Pasar Johar Semarang Akan Kembali Beroperasi Juli

0
Pasar Johar akan kembali beroperasi bulan depan, tapi hanya untuk bagian utara dan tengah. FOTO/PUSKAPIK/ISMU PURUHITO

PUSKAPIK.COM, SEMARANG – Pasar Johar direncanakan kembali beroperasi pada Juli mendatang. Saat ini Dinas Perdagangan Kota Semarang tengah menyiapkan kembali beroperasinya pasar legendaris Kota Semarang tersebut, terutama pembagian lapak untuk para pedagang.

Pelaksana rehabilitasi Pasar Johar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Semarang Sriwati Purnomo mengungkapkan, Pasar Johar siap digunakan. Namun hanya sebagian dari pasar seluas 15.000 hektare ini yakni untuk Pasar Johar bagian utara dan tengah. Sedangkan Pasar Johar bagian selatan saat ini sedang dalam proses pembangunan yang dimulai Februari 2021 dan akan selesai tahun depan.

“Berbagai infrastruktur telah beres dan siap digunakan. Dijadwalkan Juli bisa dipakai,” katanya saat dihubungi Rabu, 2 Juni 2021.

Sriwati mengatakan, dari hasil koordinasi dengan Pemkot Semarang, nantinya Dinas Perdagangan Kota Semarang akan mengatur satu lapak ditempati oleh satu pedagang. “Pengaturan ini untuk mengurangi menumpuknya pedagang secara liar seperti sebelum kebakaran. Sebelum terbakar, Pasar Johar sumpek dan rawan kebakaran karena tidak ada sirkulasi udara yang mencukupi serta instalasi listrik yang ruwet. Saat ini sudah kita rapikan dan kita bangun sejumlah fasilitas pencegah kebakaran,” katanya.

Pasar Johar yang baru ini juga dibuat nyaman dan aman baik bagi pedagang maupun pembeli. Tidak ada lagi lapak-lapak yang berjualan secara liar dan menyesaki jalan. Kemudian yang menjadi poin plus, tersedia juga akses dan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Selain itu, arsitektur heritage karena Pasar Johar merupakan bangunan cagar budaya juga terjaga. Sementara penataan pasar juga akan dikembalikan seperti awal berdiri.

Proyek pembangunan Pasar Johar bagian Selatan dimulai. Pembangunan pasar Johar tahap 2 ini ditandai dengan pemancangan fondasi yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di area Pasar Johar bagian Selatan, Jumat, 5 Februari 2021.

Adapun rehabilitasi Pasar Johar Selatan dilaksanakan lewat anggaran Pemerintah pusat melalui kementerian PUPR, dengan total anggaran sebesar Rp105.913.294.750, untuk pengerjaan luas total lahan 6.680 m2, yang ditarget akan selesai pada Februari 2022. Keseluruhan pasar yang terbakar habis pada 2015 ini saat ini menjadi empat lantai dengan konsep modern heritage.

Penulis: Ismu Puruhito
Editor: Faisal M

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini