37 Guru dan Tenaga Kependidikan SMAN 4 Kota Pekalongan Positif Corona

0
ILUSTRASI.NET

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Penyebaran Covid-19 di Kota Pekalongan cukup mengejutkan. Sebanyak 37 guru dan tenaga kependidikan di SMAN 4 Pekalongan terkonfirmasi positif Covid-19. Ini hasil swab PCR terhadap seluruh tenaga kependidikan di sekolah tersebut pada 25, 28, dan 31 Mei 2021 lalu.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 13 Jawa Tengah, Zumrotul, Rabu 2 Juni 2021 mengungkapkan, muculnya klaster tersebut diawali dari adanya satu orang tenaga pendidik yang terpapar Covid-19. Namun yang bersangkutan tidak memberikan laporan kepada sekolah maupun kepada Dinas Pendidikan Jawa Tengah. Bahkan, yang dia tetap bekerja seperti biasa dan berkumpul dengan rekan-rekanya di sekolah.

“Karena satu guru tersebut tidak lapor, sehingga terjadilah klaster baru berdasarkan hasil swab PCR pada tanggal 25, 28 dan 31 Mei 2021. Yang diindikasikan positif ada 37 guru dan tenaga kependidikan,” ungkap Zumrotul.

Pihak sekolah dan cabang dinas pendidikan memutuskan untuk dilakukan WFH dan isolasi mandiri mulai 2 hingga 11 Juni 2021.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menjelaskan, terkait klaster di SMAN 4 Pekalongan memang diawali dari adanya satu orang guru yang dalam kondisi sakit namun tetap masuk bekerja. Karena adanya gejala anosmia (indera penciuman tidak berfungsi), oleh kepala sekolah setempat yang bersangkutan bersama dua guru lain yang telah kontak erat diminta untuk melakukan swab test PCR pada 25 Mei. hasilnya, ketiga orang tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Selanjutnya, dilakukan penelusuran kontak ke ketiga guru tersebut. Sehingga pada 28 Mei kembali dilakukan swab test PCR terhadap tujuh guru lainya dengan hasil satu orang positif Covid-19.

Kemudian dilakukan pengembangan kembali dengan kesepakatan melakukan swab test PCR terhadap 56 guru dan tenaga kependidikan lain pada 31 Mei, dan hasilnya 33 orang dinyatakan positif Covid-19. Sehingga total terdapat 37 guru dan tenaga kependidikan yang positif Covid-19.

“Saat ini masih ada pengembangan kembali karena ada beberapa guru yang belum melakukan swab,” jelasnya.

Pihaknya juga meminta kepada guru dan tenaga kependidikan yang positif Covid-19 namun tak bisa melakukan isolasi mandiri agar bisa melakukan isolasi di Gedung Diklat.

“Memang tidak semuanya dari Kota Pekalongan. Ada 27 orang asal Kota Pekalongan sehingga untuk lainya juga akan kami koordinasikan. Tidak menutup kemungkinan, kami juga akan melakukan pengembangan dengan mengidentifikasi keluarga masing-masing,” tambahnya.

Dengan adanya kasus tersebut, untuk saat ini Satgas Covid-19 Kota Pekalongan memutuskan untuk menutup sementara dan menghentikan seluruh kegiatan di SMAN 4 Pekalongan hingga 11 Juni 2021.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini