Prepegan di Pasar Unggas Pemalang, Ayam Merah dan Entok Paling Banyak Diburu

0
Suasana Pasar Unggas Pemalang jelang Lebaran, Selasa 11 Mei 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pasar unggas Pemalang ramai dikunjungi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Selasa, 11 Mei 2021. Ayam merah dan entok jadi unggas yang paling banyak dicari.

Dari pantauan Puskapik.com, Selasa 11 Mei 2021, keramaian pengunjung sudah tampak sedari pintu masuk pasar hingga tepian jalan. Pengguna jalan di sekitar lokasi musti menurunkan laju kendaraannya.

Puluhan pedagang dan pembeli sibuk tawar-menawar di samping sepeda motor yang dilengkapi kandang. Suara unggas bersahutan di tengah deru lalu lalang pengunjung.

Iyah, salah satu pedagang, menuturkan, pasar unggas sudah mulai ramai atau prepegan sedari Senin kemarin, 10 Mei 2021. “Tapi ya enggak sama seperti sebelum ada Corona, jauh banget,” ujarnya.

Unggas yang paling dicari untuk dikonsumsi saat Lebaran nanti di antaranya ayam merah dan ayam broiler. Selain itu, juga entok dan ayam kampung meski harganya cukup tinggi.

Untuk ayam merah, entok, serta ayam kampung dijual per ekor. Sedangkan ayam broiler ditawarkan per kilogram. “Kalau yang lain harganya masing-masing tergantung ukurannya, tapi kalau ayam merah udah ada harganya (net) Rp60.000,” ujar Iyah.

Dedi, pedagang entok, menuturkan, saat ini harga enthok yang paling murah, mulai dari Rp200.000. “Ini lebih mahal dibanding tahun lalu, sekarang ini yang paling mahal sampai Rp300.000 per ekor,” kata Dedi.

Kemudian, untuk harga ayam kampung sendiri masih sama seperti entok, tergantung ukuran.

Dari yang kecil seperti betina/babon, harganya Rp60.000, dan untuk jago ukuran potongan mencapai mulai dari Rp170.000 per ekor.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini