Bupati Pemalang Beri Bantuan ke Nenek Warmi yang Tinggal di Gubug Reot

0
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyambangi nenek Warmi dan anaknya Kardono (42) di RT 10/RW 02 Dukuh Kali Longkrang, Desa Tegalsari Timur, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo kembali blusukan memberikan bantuan ke warganya yang bernasib malang. Kali ini, ia menyambangi nenek Warmi (72) yang hidup di gubuk hampir ambruk bersama anaknya yang lumpuh.

Blusukan itu dilakukan Bupati Pemalang, Sabtu sore, 8 Mei 2021, bersama OPD dan BAZNAS Pemalang. Rombongan kediaman nenek Warmi di RT 10/RW 02 Dukuh Kali Longkrang, Desa Tegalsari Timur, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang.

Gubuk dengan kondisi miring dan hampir ambruk, menjadi pemandangan yang memilukan ketika rombongan sampai di lokasi. Di gubuk bermaterialkan dinding bambu dan triplek, dengan atap kayu yang rapuh itu, nenek Warmi tinggal bersama anaknya, Kardono (42), yang mengalami lumpuh akibat saraf terjepit.

Nenek Warmi sendiri sudah tidak bekerja. Kesehariannya hanya mengumpulkan bunga kamboja yang dijual Rp5.000 per-kilogram atau kayu kering untuk bisa bertahan hidup.

Saat didatangi Bupati Pemalang, Kardono tampak tertatih-tatih keluar dari rumahnya dengan sebatang tongkat, disusul nenek Warmi yang berjalan pelan dengan tubuh yang membungkuk. “Niki saking pundi mawon? (Ini dari mana saja),” tanya nenek Warmi dengan polos.

Mendengar pertanyaan polos itu, Agung langsung menjabat tangan nenek Warmi dan memperkenalkan dirinya.

Dalam blusukan itu, Bupati menyerahkan langsung alat bantu berjalan untuk Kardono, sembako, serta bantuan lain dari BAZNAS Pemalang. “Kita juga berikan bantuan dana untuk bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), harapan kami ini bisa bermanfaat,” kata Agung.

Bupati memastikan mbah Warmi diusulkan mendapat bantuan dalam program PKH. Mengingat, informasinya selama ini mbah Warmi tak mendapat bantuan tersebut. “Ini sebagai stimulan, mudah-mudahan lingkungan yang mampu juga ikut membantu mereka-mereka yang membutuhkan,” kata Agung.

Selain nenek Warmi, dalam blusukan itu Bupati juga menyambangi Ibu Dati yang tinggal di tanah irigasi, dan menyerahkan bantuan RTLH.

Selama blusukan, puluhan bingkisan sembako diserahkan ke warga masyarakat sekitar lingkungan dua keluarga bernasib malang itu.

Sebelumnya, Rabu, 5 Mei 2021, Bupati Agung juga memberikan bantuan serupa dengan nenek Mur Wiri dan Danusri di pesisir Desa Tasikrejo, Ulujami, Pemalang.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini