Jelang Lebaran, Pedagang Pakaian di Pasar Pemalang Ketar-ketir, Kenapa?

Suasana Pasar Pakaian di Kompleks Pasar Pagi Pemalang, Senin 3 Mei 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pedagang Pakaian di Pasar Pemalang mengeluh sepi pengunjung saat momen Ramadan dan Lebaran selama pandemi Covid-19. Mereka ketar-ketir Lebaran tahun ini sepi, apalagi dengan adanya larangan mudik dari pemerintah.

Suara ramah para pedagang di Pasar Pakaian kompleks Pasar Pagi Pemalang saling bersahutan menawarkan dagangannya, ke setiap pengunjung yang melintas.

“Monggo mas, mau cari apa, celana ya, monggo bisa dilihat-lihat dulu,” ujarnya.

Suasana pasar nampak lengang dari pengunjung, jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang diperkirakan jatuh tanggal 13 Mei 2021 mendatang.

Pedagang pakaian pasar setempat, Abu Cher, menuturkan, saat ini suasana pasar sedang tak menentu.

“Ya beginilah suasana pandemi, kadang-kadang sepi, kadang-kadang ramai. Selama pandemi penurunan omset ya bisa 25 persen,” tutur Abu Cher, Senin 3 Mei 2021.

Menanggapi adanya larangan mudik Lebaran dari pemerintah, Abu Cher khawatir nantinya kondisi pasar sepi hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H nanti.

“Karena kaya gitu lah, misalkan tanggal 25 sampai sekarang pada pulang (mudik), itu pada beli, pasar ramai.” ungkap Abu Cher.

Hal senada disampaikan Solihin, dirinya mengaku, keadaan ekonomi dagangannya morat-marit selama pandemi, dan selisih jauh dibanding kondisi normal. Solihin juga ketar-ketir, dengan adanya larangan mudik.

“Makanya ekonominya jauh, biasanya kalau diperbolehkan mudik, hari ini nikmatnya bukan main, pasar ramai.” ungkap Solihin.

Biasanya, kata Solihin, suasana pasar sudah mulai ramai H-15 Lebaran, pada tahun-tahun lalu sebelum pandemi Covid-19.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan