Pendiri Korps Marinir asal Tegal Meninggal Dunia

0
Danlanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Azis saat memimpin upacara pemakaman secara militer Kopral Marinir (Purn) Bakri, Sabtu sore, 1 Mei 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Kota Tegal kehilangan sosok Kopral Marinir (Purn) Bakri karena menghadap ke haribaan Tuhan Yang Maha Esa akibat sakit, Sabtu, 1 Mei 2021. Betapa tidak, Bakri yang pernah menjadi bagian dari Corps Armada-IV (CA-IV) Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) itu merupakan sosok veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus pelaku sejarah cikal bakal berdirinya Korps Marinir, pasukan elite TNI AL.

Bakri yang merupakan bekas anak buah Jenderal (Mar) Ali Sadikin, mantan Gubernur DKI Jakarta, juga dikenal sebagai tokoh gerilyawan tangguh untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dari penjajahan Belanda dan Jepang. Bakri pernah bergerilya dari Tegal hingga ke Wonosobo dengan menembus hutan.

Kopral Marinir (Purn) Bakri dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara Kota Tegal, Sabtu sore, 1 Mei 2021.

“Dengan ini saya atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga atas wafatnya almarhum. Jasa almarhum untuk bangsa dan negara sangat besar,” kata Danlanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Azis, Mtr Hanla, CHRMP dalam sambutannya.

Upacara pemakaman juga dihadiri Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, para perwira staf Lanal Tegal, para Danposal jajaran Lanal Tegal serta kerabat dan keluarga almarhum.

“Beliau merupakan putra terbaik Kota Tegal yang selama hidupnya mendarmabaktikan hidupnya untuk negara dan bangsa. Saya mengajak kita semua untuk mensuritauladani jejak perjuangan beliau,” kata Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini