Warga Ketapang Larung Saji Dalam Pesta Laut

Advertisement

 

ULUJAMI (PuskAPIK) – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 H, warga masyarakat desa Ketapang kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang menyelenggarakan kegiatan Pesta Sedekah Laut atapun Larung Sesaji.

Bertempat di halaman Kantor KUD Mino Misoyo Sari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dusun Karangsari desa Ketapang kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, kegiatan diawali dengan beberapa rangkaian upacara seremonial, Rabu (18/09).

Tampak hadir perwakilan Muspika Ulujami, perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, Rusdi ketua KUD Mino Misoyo Sari Kabupaten Pemalang, Rudi Hartono Kepala desa Ketapang, AKP Sunardi, SH Kasat Pol Airud, tokoh agama dan masyarakat desa setempat.

Dalam sambutan mewakili Muspika Ulujami, kapolsek Ulujami AKP Harsono, SH menyampaikan bahwa Kegiatan sedekah laut yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar para nelayan dalam mencari ikan di laut selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan keselamatan dan rezeki atas perolehan tangkapan ikan.

Selain itu, lanjut AKP harsono bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan berpuluh puluh tahun.

Harsono juga menghimbau kegiatan larung sesaji ke tengah laut, untuk untuk berhati-hati dalam menaiki perahu dengan jumlah penumpang maksimal 10 orang penumpang dengan jarak tempuh sekitar 6 km, mengingat gelombang dalam keadaan tinggi.

Kegiatan larung sesaji diikuti oleh sekitar 30 perahu dengan membawa sesaji berupa kepala api, nasi tumpeng, padi dan palawija, jajan pasar, buah-buahan, ayam Bakar, bubur lengkap, peralatan rumah tangga dan lannya.

Rangkaian kegiatan pesta sedekah laut selain diadakan pengajian, juga dimeriahkan berbagai hiburan sepeti kesenian wayang golek dan orkes dangdut.(hape)

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!