Peringatan Hari Kartini ala Para Pengasong Terminal Tegal

0
Puluhan Pengasong Terminal Tegal saat menggelar karnval keliling terminal, Jumat sore, 23 April 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Puluhan Ibu-ibu dan anak-anaknya mengikuti peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Terminal Tegal Sakila Kerti, Jumat sore, 23 April 2021. Kegiatan yang digelar di Terminal Kota Tegal itu diisi dengan karnaval keliling terminal Kota Tegal.

Para peserta yang mayoritas merupakan pedagang asongan di Terminal Kota Tegal rela berdandan ala Kartini untuk memeriahkan acara. Selain pawai, mereka juga menggelar bhakti sosial membagi-bagikan makanan untuk berbuka puasa kepada awak bus, penarik becak, calon penumpang bus, serta warga yang ditemui di terminal.

“Ini digelar tiap tahun untuk memperingati Hari Kartini. Kali ini bertepatan dengan bulan puasa jadi ada beberapa pemberian takjil dan makanan,” ujar Pembina TBM Sakila Kerti, Yusqon.

Selain para Ibu-ibu pengasong, ungkap Yusqon, para peserta juga berasal dari anak-anak PAUD, Kejar Paket A B dan C serta lansia. Menurut Yusqon, peringatan Hari Kartini ini juga sebagai penyemangat para peserta agar tetap produktif ditengah-tengah suasana pandemi.

“Makna Kartini tepat dengan keadaan saat ini korona. Habis gelap terbitlah terang. Koronanya hilang. Cocoklah,” kata Yusqon.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini