Biar Kreatif Berikan Materi Daring, Guru SD di Semarang Dapat Pelatihan dari USM

0
Guru di SDN Pedurungan Kidul 2 Semarang mendapatkan pelatihan multimedia dari FTIK Universitas Semarang (USM). FOTO/PUSKAPIK/AM HENDRA

PUSKAPIK.COM, SEMARANG – Guru di SDN Pedurungan Kidul 2 Semarang mendapatkan pelatihan multimedia dari FTIK Universitas Semarang (USM). Pelatihan ini diharapkan mampu merangsang kreativitas guru dalam memberikan materi pembelajaran jarak jauh.

Salah satu dosen FTUK USM, Siti Asmiatun menjelaskan, selama pandemi ini, SDN Pedurungan Kidul 2 menerapkan konsep sekolah daring. Namun dia menilai, kemampuan guru dalam penggunaan video dalam proses belajar daring masih kurang.

“Media yang digunakan para guru di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang ini masih menggunakan media WA (Whatsapp) untuk melakukan proses belajar jarak jauh,” katanya, Senin, 29 Maret 2021.

Para guru, lanjutnya, selama ini memberikan penjelasan dan soal latihan menggunakan teks atau pesan suara dan video untuk disebar lewat WA.

“Ini karena masih belum bisa membuat pembelajaran multimedia kreatif dengan menggunakan komputer maupun handphone sehingga perlu memanfaatkan video editing untuk proses pembuatan materi pembelajaran untuk siswa yang lebih kreatif,” katanya.

Sementara dosen lain, Ahmad Rifa’i menambahkan, pembuatan materi menggunakan video ini agar memudahkan siswa dalam mempelajari materi dan dapat diputar berulang-ulang. Pembelajaran multimedia kreatif ini memanfaatkan Microsoft Power Point untuk membuat materi yang menarik dan Filmora maupun Filmora Go untuk membuat video yang kreatif.

“Semoga dengan pelatihan ini, pembelajaran jarak jauh bisa makin lancar membuat materi pembelajaran yang kreatif dengan menggunakan video,” katanya.

Penulis: AM Hendra
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini