Vaksinasi Lansia di Kota Pekalongan Digelar Serentak Mulai Besok

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus menggencarkan program vaksinasi yang saat ini telah menyasar petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia). Pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lansia Kota Pekalongan akan digelar serentak 30-31 Maret 2021 di 23 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang telah ditunjuk sebagai tempat penyelenggara vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budianto menjelaskan, sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, vaksin yang ada harus diprioritaskan untuk kelompok lansia.

“Lansia menjadi prioritas vaksinasi Covid. Sebelumnya, kami telah menyebarluaskan link pendaftaran vaksin lansia untuk didata siapa saja yang ingin mengikuti vaksinasi lansia bagi masyarakat umum. Pelaksanaan vaksin bagi masyarakat lansia secara serentak digelar pada tanggal 30-31 Maret 2021 di 23 fasyankes yang telah ditunjuk baik rumah sakit maupun puskesmas,” katanya.

Menurut Budi, selain yang sudah terdata dan melakukan pendaftaran, kelompok lansia yang belum terdaftar juga bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 dengan langsung datang ke fasyankes terdekat. Syaratnya membawa kartu tanda pengenal diri dan akan di-screening terlebih dahulu oleh petugas vaksinator.

Mengingat pelaksanaan vaksinasi lansia pada dosis kedua saat Ramadhan, maka Budi menekankan kepada fasyankes untuk menanyakan terlebih dahulu kepada setiap lansia mengenai kesediannya.

“Menurut MUI vaksinasi saat bulan Ramadhan boleh dilakukan, namun sebagian lansia mengkhawatirkan adanya efek samping saat kondisi tubuh mereka kurang bagus. Jika tidak bersedia, seyogyanya bisa menunggu setelah Lebaran. Namun, bagi yang bersedia baik yang sudah terdaftar atau belum, silakan masyarakat lansia bisa langsung datang ke fasyankes terdekat,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!