Wus! Disapu Angin Kencang, 5 Rumah di Tegal Rusak

0
Relawan sedang melakukan assessment rumah warga yang terdampak angin kencang di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jumat siang, 26 Maret 2021.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Lima rumah warga di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal rusak usai diterjang angin kencang, Jumat siang, 26 Maret 2021. Satu keluarga terpaksa mengungsi akibat rumahnya rusak parah.

Informasi yang dihimpun puskapik.com, angin kencang terjadi bersamaan turunnya hujan sekitar pukul 11.30 wib. Angin bertiup dari arah utara disertai suara bergemuruh.

“Saat kejadian sedang hujan. Tiba-tiba angin kencang bertiup dari utara menerjang permukiman warga,” ujar Ikrom (46) salah satu warga.

Angin kencang berlangsung selama kurang lebih
15 belas menit menerbangkan atap rumah warga. Bahkan salah satu rumah mengalami rusak berat karena atapnya hilang dan tembok bagian belakang rumah ambruk.

Berdasarkan hasil assesment PMI Kabupaten Tegal, rumah yang rusak parah adalah milik Sholehudin (45). Kerusakan pada atap rumah dengan ukuran 7×13 meter dan diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 5 juta. Bahkan, akibat kejadian itu, Sholehudin dan keluarga terpaksa mengungsi ke rumah saudara.

“Yang rusak parah itu kategorinya atap rumah habis terbawa angin. Sedangkan rumah milik Faizin (61), Muhammad (58), Kholidin (62) dan Rais (72) rusak ringan. Kerugian sekitar Rp 400 ribu hingga 2 juta,” terang Ramedhon, salah satu relawan PMI.

Hal senada dikatakan relawan BPBD Kabupaten Tegal, Gigih Agung Pratama. BPBD Kabupaten Tegal juga sudah melakukan assesment terkait dengan bencana angin kencang yang terjadi di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong.

“Warga dan relawan langsung bergotong royong membersihkn puing-puing bangunan rumah yang rusak. Saat ini kami juga tengah menyiapkan bantuan mantrial dan bahan pokok untuk korban bencana,” ujarnya.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini