Semua Guru Sudah Divaksin, Kabupaten Semarang Bersiap Sekolah Tatap Muka

0
Vaksinasi terhadap para guru SMAN 1 Ungaran di Puskesmas Leyangan, Jumat, 26 Maret 2021. FOTO/PUSKAPIK/HERMAWAN

PUSKAPIK.COM, Ungaran – Menjelang rencana uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) awal April mendatang, Pemerintah Kabupaten Semarang mulai melakukan vaksinasi COVID-19 kepada tenaga pengajar. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di empat puskesmas yang terdekat dengan lokasi sekolah pelaksana uji coba, Kamis dan Jumat, 25-26 Maret 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Ani Raharjo mengatakan, sekolah yang menjadi pelaksana PTM di Kabupaten Semarang adalah SMAN 1 Ungaran, SMPN 1 Ungaran, MAN Suruh dan SMKN 1 Tengaran. “Selama dua hari kita lakukan vaksinasi 395 guru yang akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka. Prosedur ini sesuai dengan protokol kesehatan sebelum pelaksanaan PTM,” kata Kadinkes.

Total vaksinasi diberikan kepada 97 orang guru SMAN 1 Ungaran yang dilayani di Puskesmas Leyangan, 65 orang guru SMPN 1 Ungaran di Puskesmas Kalongan. Kemudian 73 orang guru MAN Suruh mendapat vaksinasi di Puskesmas Suruh, serta 160 orang guru SMKN 1 Tengaran dilayani di Puskesmas Tengaran.

Sementara Bupati Semarang Ngesti Nugraha berharap, vaksinasi tersebut benar-benar membuat uji coba PTM aman dari potensi penyebaran COVID-19.

“Mohon dukungan bapak ibu guru semua, supaya bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Jaga jarak, tidak ada kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Agar uji coba PTM berjalan lancar dan pembelajaran dapat berjalan baik,” kata bupati.

Sedangkan terkait vaksinasi untuk warga lansia di Kabupaten Semarang, Bupati menjelaskan, sampai saat ini sudah mencapai angka 24,11 persen lebih. Dari total sasaran 80.943 orang lansia, sudah divaksinasi 19.516 orang. Ditargetkan vaksinasi lansia dapat diselesaikan pada Juni mendatang.

“Penyelesaian vaksinasi bagi lansia, tergantung ketersediaan vaksin. Terakhir, Dinkes mendapat tambahan 12.000 dosis vaksin Sinovac pada pekan ini,” paparnya.

Penulis: Hermawan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini