Duh! Piknik ke Purbalingga, 18 Warga Tegal Terpapar Corona

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Slawi – Ancaman virus Covid-19 belum mereda. Sedikitnya 18 warga Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal dinyatakan terpapar COVID -19 usai piknik dari Purbalingga. Bahkan, salah satu diantaranya meninggal dunia.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Eko Budi Prasrianto Prabowo, Jumat siang, 26 Maret 2021, mengatakan, warga Desa Penusupan yang terpapar korona tersebut merupakan kelompok senam. Rombongan menggunakan bus berangkat ke Obyek Wisata Dinoland, Purbalingga pada Kamis, 11 Maret 2021 lalu.

“Semuanya berjumlah 50 orang ditambah sopir dan 2 kernet bus. Setelah pulang dari Purbalingga 1 orang itu mengalami sakit dan setelah diswab ternyata hasilnya positif terpapar COVID -19,” terang Eko.

Puskesmas dan Dinkes langsung melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat dan melakukan test swab. Sampai hari Jumat, 26 Maret 2021 sudah 67 orang yang diambil sempel swabnya. Hasilnya, 18 orang dinyatakan positif, 4 orang negatif dan 45 orang masing menunggu hasil dari laboratorium.

“Semuanya sudah diswab, yakni terdiri dari rombongan piknik dan keluarganya serta sopir dan kernet bus,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Eko, dari 18 orang yang dinyatakan positif ini, 1 orang diantaranya meninggal dunia, 1 orang dirawat di RSUI Singkil Adiwerna, 7 orang dirawat di RSUD dr Soesilo Slawi dan 10 orang menjalani isolasi mandiri.

“Kita belum tahu sempel dari 47 orang ini kapan keluarnya. Kemungkinan tidak lama lagi hasilnya keluar,” jelasnya.

Surveilans Puskesmas Penusupan, Andayani, mengungkapkan, rombongan grup senam tersebut berangkat ke Purbalingga untuk mengadakan senam dan setelah itu piknik ke Obyek Wisata Dinoland Purbalingga. Saat berangkatkan rombongan dalam kondisi sehat atau tidak ada yang sakit.

“Saat ini, 47 orang masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari laboratorium dan sambil menunggu hasilnya, mereka saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masih masing,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari https://covid19.tegalkab.go.id/ jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Tegal per hari Kamis, 25 Maret 2021 sebanyak 5169 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 4771 orang dinyatakan sembuh, 140 orang menjalani isolasi mandiri, 42 orang dirawat dan 216 orang meninggal dunia.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini