Siswi SMK di Brebes yang Disiram Cairan Kimia Dievakuasi ke RSUD

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Meskipun sempat menolak saat akan dievakuasi karena mengalami trauma, Rifna (16) korban penyiraman cairan kimia di Brebes, akhirnya dievakuasi ke RSUD Brebes.

Evakasi korban dilaksanakan pada Kamis 18 Maret 2021 siang atas perintah Bupati Brebes, Idza Priyanti. Didampingi beberapa pejabat, Bupati datang ke rumah korban dan meminta agar Rifna segera dirawat di rumah sakit.

Rifna awalnya sempat menolak saat akan dibawa ke RSUD. Trauma psikis yang dialami membuat anak ini ingin tetap dirawat di rumah.

Setelah dibujuk, Rifna akhirnya mau dibawa ke RSUD. Apalagi Bupati menyampaikan, semua biaya pengobatan akan digratiskan sehingga tidak membebani keluarga.

“Semuanya gratis. Nanti di RSUD akan dirawat sampai sembuh,” kata Bupati Brebes.

Penanganan ini, kata Idza Priyanti sebagai respon Pemkab terhadap korban kekerasan, terutama korban anak. Dengan perawatan intensif di RSUD kondisi korban bisa kembali pulih karena akan ditangani oleh tenaga medis yang profesional.

“Kami utamakan keselamatan korban. Jangan sampai kondisinya makin memburuk jika dirawat di rumah. Makanya hari ini kami jemput untuk dibawa ke rumah sakit,” imbuhnya.

Washadi, ayah korban mengungkap, trauma anak ini sebenarnya karena faktor biaya. Karena korban beranggapan perawatan di rumah sakit akan mengeluarkan banyak biaya.

“Selama dua bulan di rawat di rumah kami minta jasa perawat untuk ganti perban dan membersihkan. Dua hari sekali bayarannya Rp.600 ribu. Jadi dia khawatir nanti akan memberatkan keluarga,” ungkap Washadi.

Untuk keperluan Rifna ini, keluarga terpaksa menjual barang barang yang dimiliki. Bahkan sepeda motor satu satunya yang dipakai kejadian juga sudah dijual.

Diberitakan sebelumnya, Rifna disiram cairan kimia pada 17 Januari lalu sekitar pukul 20.30. Dia diajak COD oleh calon seseorang yang akan membeli sebuah masker wajah.

Setiba di lokasi, calon pembeli ini tidak kunjung datang. Beberapa kali calon pembeli ini minta korban pindah lokasi COD, namun tetap tidak datang. Rifna akhirnya memutuskan pulang ke rumah. Saat akan menuju rumah, seseorang tidak dikenal membuntutinya dan menyiramkan cairan kimia ke tubuh korban. Akibat kejadian ini, Rifna mengalami luka bakar di sekujur tubuh.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini