Sederhana, Begini HUT Ke-450 Kabupaten Banjarnegara

0
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, saat ziarah ke makam almarhum Endro Suwaryo (Bupati Banjarnegara 1986-1991) di TPU Desa Sewaka, Kabupaten Pemalang, Rabu 24 Februari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Banjarnegara – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Banjarnegara, tanggal 26 Februari 2021 nanti bakal digelar sederhana,secara virtual. HUT Ke-450 ini dirayakan dengan aksi penyaluran bantuan sosial ke korban bencana, serta ziarah makam leluhur.

Itu disampaikan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, saat ziarah ke makam almarhum Endro Suwaryo (Bupati Banjarnegara 1986-1991) di TPU Desa Sewaka, Kabupaten Pemalang, Rabu 24 Februari 2021.

“Kita virtual saja, dan acara kita Banjarnegara ini hanya syukuran, bersyukur dengan tuhan yang maha esa. Yang kedua kita menjalankan misi kemanusiaan,” ujar Budhi Sarwono.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan secara meriah, peringatan HUT Kabupaten Banjarnegara Ke-450 pada tanggal 26 Februari 2021 lusa digelar secara sederhana, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

HUT Kabupaten Banjarnegara 2021 mengangkat tema, ‘Dengan Spirit 450 Hari Jadi Banjarnegara,Kerja Semangat,Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat Bahagia, menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera’.

“Jadi syukuran kita kemarin berbagi kasih, anak yatim piatu,fakir miskin,dhuafa, begitu. Dan saudara-saudara kita yang terkena musibah,” terang Bupati Banjarnegara.

Bantuan bagi korban musibah itu diantaranya menyasar Kabupaten Mamuju dan Majene, Propinsi Sulawesi Barat, yang pada 15 Januari 2021 diguncang gempa berkekuatan 6,2 Magnitudo. Dimana akibat bencana itu, 105 orang tewas dan belasan ribu bangunan rusak.

“Kalimantan selatan ada dua Kabupaten, kami juga sudah mengirimkan. Sumedang, Jawa Barat, ada lagi ke Kabupaten Pati, ke Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan. Hari ini kita ngirim ke Rembang (Jawa Tengah) dan sama Nganjuk (Jawa Timur),” tutur Budhi Sarwono.

Budhi Banjarnegara mengungkapkan, aksi kemanusiaan pemberian bantuan ke masyarakat terdampak musibah bencana itu merupakan implementasi Sila Ke-3 dalam Pancasila.

“Jadi APBD kita gelontorkan untuk membantu, yaitu tidak ada lain masuk didalam sila yang ke-3, Persatuan Indonesia. Kalau Indonesia bersatu, pasti kuat.” tanda Budhi Sarwono.

Selain memberikan bantuan kepada korban bencana di berbagai belahan tanah air, ziarah makam leluhur juga menjadi rangkaian peringatan HUT Banjarnegara Ke-450.

Pagi tadi, Rabu 24 Februari 2021, Budhi Sarwono didampingi jajaran Forkopimda Banjarnegara berziarah di makam almarhum H Endro Suwaryo (Bupati Banjarnegara 1986-1991) di Desa Sewaka, Kabupaten Pemalang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu 24 Februari 2021, Memperingati HUT ke-450 Kabupaten Banjarnegara, Bupati Budhi Sarwono, berziarah ke makam Almarhum Endro Suwaryo (Bupati Banjarnegara 1986-1991) di Pemalang. Budhi Suwarno menceritakan kedekatan dengan mendiang, dan memberikan pesan ke generasi penerus untuk menjaga kerukunan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini