Pasca-‘Jateng di Rumah Saja’ Harga Kebutuhan Dapur di Pemalang Masih Mahal

Pasar Sayur dan Buah Pemalang, Senin 8 Febuari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Harga sayur-mayur di Pemalang masih tinggi pasca-‘Jateng di Rumah Saja’ akibat stok langka. Cuaca ekstrim yang terjadi menjadi penyebab langkanya kebutuhan dapur.

Dituturkan Dion, pedagang di Pasar Sayur dan Buah Pemalang, harga sayur-mayur di Pemalang hingga kini masih tinggi sejak Jumat 5 Febuari 2021. Seperti cabai, kata dion, saat itu eceran rawit merah mencapai 75.000/kilogram, sedangkan rawit hijau 65.000/kilogram.

Karena jelang libur ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’ pengirim khawatir pasar sepi, seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya. Alhasil stok di pasar minim, namun ternyata pembeli membludak untuk persiapan libur 6-7 Febuari 2021 tersebut.

“Akhirnya barang untuk rebutan, kosong, sedangkan pengiriman langka, dan (harga) naik. Begitu juga hari ini,” kata Dion, Senin 8 Febuari 2021.

Ditambah, hujan mengguyur sejak selumbari Sabtu 6 Febuari 2021 hingga hari ini.

Hal senada disampaikan Lastri, pedagang bumbu dapur di pasar setempat. Ia menuturkan, hujan yang mengguyur belakangan ini, mengakibatkan stok terbatas.

“Kenaikannya ya paling 2000 Rupiah, kalau kemarin 7000, ya sekarang 9000,” tutur Lastri.

Disampaikan keduanya, lonjakan pengunjung juga terjadi hari ini. Bahkan membludak sejak pukul 05.30 WIB. Padahal, normalnya pasar setempat ramai sekitar pukul 14.00 WIB.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini