Roemah Makan Rakjat Pekalongan Berikan Makan Gratis untuk Warga

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Rumah makan di depan Masjid Walisongo, Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan menarik perhatian. Namanya Roemah Makan Rakjat (RMR), didirikan khusus menyediakan makanan gratis bagi siapa saja yang datang.

Aksi berbagi di Roemah Makan Rakjat telah berlangsung sejak empat bulan terakhir. “Kami terinspirasi gerakan makan gratis yang sudah berjalan di sejumlah kota lain. Tujuan pendiriannya murni aksi kepedulian untuk membantu masyarakat yang kurang mampu,” kata Maya, pengelola Roemah Makan Rakjat, Rabu, 3 Februari 2021.

Terlebih saat ini, masyarakat banyak yang terdampak pandemi Covid-19. Setiap harinya, RMR menyediakan sekitar 150 porsi makan siang. Mengingat Pekalongan tengah dilanda bencana banjir, kini ditambah menjadi 300 porsi. Selain makan di tempat, makanan juga dibagi keliling kepada warga yang membutuhkan.

RMR murni gerakan sosial dan tidak didominasi salah satu komunitas, organisasi atau partai. Donatur dari berbagai kalangan yang peduli terhadap sesama, khususnya di masa pandemi Covid-19. Keberadaan RMR mendapat sambutan antusias dari warga. Banyak yang menunggu untuk makan siang lengkap dengan lauk pauk dan teh hangat atau air putih.

Karena masa pandemi, nasi dan lauk pauk diambilkan para relawan. Bagi yang tidak mengenakan masker, relawan memberi masker secara gratis. Sebab di RMR wajib menerapkan protokol kesehatan. “Saya selalu datang ke sini karena gratis. Masakannya juga enak dan berbeda-beda setiap harinya,” kata Husni Sukron, salah satu warga yang bekerja sebagai kuli bangunan.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!