Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Bupati Pekalongan Minta Partisipasi Masyarakat

0
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat disuntik vaksin Covid-19, Senin, 23 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Pemkab Pekalongan mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 di UPTD Puskesmas Kesesi 1, Senin, 25 Januari 2021. Vaksinasi perdana ini diikuti Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Kapolres Pekalongan, Dandim 0710 Pekalongan, Ketua DPRD, Kajari, Ketua MUI, FKUB, KNPI, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

Bupati berharap pelaksanaan vaksinasi nantinya bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Menurutnya, yang paling penting bahwa vaksinasi ini efektif mengurangi angka penyebaran Covid-19 di dunia.

“Walaupun Kabupaten Pekalongan tidak masuk dalam prioritas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tetapi tentu ini tidak boleh mengurangi ikhtiar kita lahir batin,” katanya.

Bupati menjelaskan, di Jawa Tengah vaksinasi tahap kedua secara serentak dilaksanakan dengan prioritas utama forkopimda dan petugas tenaga kesehatan.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan atas kerja kerasnya selama ini dalam melayani masyarakat. “Kepada seluruh warga masyarakat, ketika vaksin ini sudah sampai di tingkat masyarakat, saya mohon semuanya berpartisipasi demi kesehatan kita bersama. Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk menjaga tubuh kita supaya lebih imun terhadap virus Covid 19,” kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Asip menambahkan, dengan vaksinasi ini penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Pekalongan dan di Indonesia pada umumnya, bisa segera berakhir sehingga keadaan masyarakat baik sec ara sosial ekonomi, kemasyarakatan, semua bisa berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu mohon doa dan dukungan dari warga masyarakat untuk suksesnya vaksinasi Covid-19 di kabupaten Pekalongan. Ayo kita dukung upaya ikhtiar vaksinasi ini agar penyebaran Covid di Kabupaten Pekalongan bisa kita tekan,” kata Bupati.

“Kalau kita pantau di lini masa, masyarakat sangat mendukung, tinggal kesiapan pemerintah untuk memberikan vaksinnya. Masih ada satu dua (skala terbatas) yang mempertanyakan, tapi dengan sosialisasi dan dengan contoh, insyaAllah masyarakat juga akan mengikuti,” katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro menyampaikan, pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 dimulai dari 25 Januari sampai Desember 2021 serentak di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan. Adapun jumlah sasaran sebanyak 605.991 orang. Dengan kriteria inklusi usia 18-59 tahun sebanyak 3.393 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan, pelayanan publik 26.233 orang, masyarakat rentan 385.347 orang, masyarakat pelaku ekonomi 96.301 orang, masyarakat rentan lainnya/lansia dan lain sebagainya 94.717 orang. Sementara jumlah pos pelayanan sebanyak 31 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 27 puskesmas, 3 rumah sakit dan 1 klinik Polri.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini