Awas! Ular Masuk Pemukiman Warga saat Banjir

Ular sepanjang kira-kira 3 meter masuk ke pemukiman warga Kelurahan Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan saat banjir terjadi akibat luapan air dari Sungai Loji. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Di tengah bencana banjir, warga digegerkan dengan munculnya beberapa ular jenis phiton atau sanca di Kelurahan Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. Ular sepanjang kira-kira 3 meter ini masuk ke pemukiman warga saat banjir terjadi akibat luapan air dari Sungai Loji.

Kemunculan ular ini sontak membuat para ibu dan anak-anak ketakutan karena berukuran cukup besar dan muncul tiba-tiba dari dalam air. Beruntung salah seorang warga bernama Anam, berhasil menangkapnya dan membawa ular ke tempat yang lebih aman.

“Ular yang keluar saat banijir bisa membahayakan anak-anak juga orang tua. Penangkapan ular ini sudah yang keempat kali pada peristiwa banjir kali ini,” kata Anam.

Ular ini diperkirakan datang dari bantaran Sungai Loji. Akibat air sungai meluap, ular-ular ini berenang mengikuti arus air hingga ke rumah warga.

“Warga diharapkan untuk hati-hati dan waspada saat menemukan ular, terlebih belum diketahui jenis ular tersebut berbisa atau tidak. Warga diminta segera menghubungi petugas BPBD atau damkar setempat untuk segera mengevakuasi ular tersebut,” kata Yudha Wijaya, petugas Damkar yang juga relawan penyelamat ular.

Jika ada warga yang tergigit ular, maka segera dibawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat agar dampak dari gigitan ular tersebut tidak semakin parah.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini