Jalur Igir Petir Majakerta Pemalang Longsor, Pengguna Jalan Kebingungan

Akses jalan Dusun Penusupan, Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul tertutup akibat tertimbun material longsor, Selasa sore, 29 Desember 2020. FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Akses jalan Dusun Penusupan, Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul tertutup akibat tertimbun material longsor, Selasa sore, 29 Desember 2020. Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang dan warga setempat sedang berupaya membuka jalan yang tertimbun tanah.

Puluhan pesepeda motor dan roda empat menumpuk dan ada beberapa yang terpaksa harus memutar arah saat mengetahui Jalur Igir Petir yang berada di Dusun Penusupan, Desa Majekerta, Kecamatan Watukumpul longsor dan menutup seluruh jalan.

Hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan, membuat tanah di bahu jalur Igir Petir tidak bisa menopang yang akhirnya lonsor. Material tanah dan batu serta pohon menutup seluruhnya akses jalan.

Dari penuturan Rico (40), warga Majakerta, longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, bertepatan saat warga pulang kerja baik dari arah Desa Wisnu maupun arah Watukumpul. Sehingga hingga saat ini terjadi penumpukan pemotor dan beberapa mobil roda empat.

“Jalur Igir Petir dan Igir Pari sering terjadi longsor terlebih saat hujan turun, dan bukan kali ini saja, sebab jalur itu rawan. Warga yang terjebak di jalur itu bisa memutar melalui Randudongkal atau sebaliknya melalui Belik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Pemalang, Suyanto, membenarkan peristiwa longsor di jalur Igir Petir Desa Majakerta, dirinya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait tertutupnya akses dari Desa Wisnu menuju Kecamatan Watukumpul itu.

Menurutnya, Tim Rekasi Cepat TRC-BPBD Kabupaten Pemalang sudah berada di lokasi longsor dan telah melakukan upaya penyisiran pada area longsor.

“Ya betul, saat ini beberapa TRC BPBD lainnya sedang meluncur ke lokasi, untuk update selanjutnya menunggu laporan dari personel di lapangan,” kata Yanto.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini