Musim Hujan, Perumda Tirta Mulia Pemalang Jamin Kualitas Air Terjaga

0
PDAM Tirta Mulia Pemalang menjamin musim penghujan saat ini tidak mempengaruhi kualitas air bagi pelanggannya. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mulia Pemalang menjamin musim penghujan saat ini tidak mempengaruhi kualitas air bagi pelanggannya. Air dari PDAM akan tetap jernih dan layak konsumsi.

Humas Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Pradanaditya Leroi menjelaskan, air dari PDAM akan tetap jernih dan layak konsumsi karena diambil langsung dari sumber mata air.

“Selain langsung dari sumber mata air, bangunan front capturing kita tetap aman di musim hujan, ditambah lagi ada petugas yang setiap hari melakukan kontrol,” kaya Leroi, Kamis, 24 Desember 2020.

Di samping itu, guna menjaga kualitas air, klorinisasi juga dilakukan untuk menghindari bakteri. “Kami juga rutin melakukan pengecekan sampling oleh Dinas Kesehatan mulai dari mata air hingga ujung pipa. Kami pelayan untuk masyarakat, jadi untuk masyarakat kami menginginkan yang terbaik,” kata Leroi.

Di musim penghujan ini, kekhawatiran yang muncul justru di masalah perpipaan. Mengingat, pergantian musim kemarau ke musim hujan mengakibatkan kondisi tanah menjadi labil.

“Yang kami takutkan justru di perpipaannya, karena tanah labil berpotensi menyebabkan pipa air pecah,” kata Leroi.

Selama musim penghujan, kata Leroi, belum ada kendala karena air juga masih melimpah, kecuali di musim kemarau. Ia menceritakan, permasalahan air keruh itu pernah dialami karena terjadi gempa bumi.

Guna mengantisipasi terjadinya pipa pecah, Leroi menuturkan, setiap hari dilakukan pengecekan atau patroli jaringan di berbagai wilayah. Di mana di setiap wilayah ada reservoar yang juga ikut mengecek, sehingga jika terdapat kebocoran bisa langsung ditindaklanjuti.

Seperti halnya pagi tadi, Kamis, 24 Desember 2020, kebocoran pipa PVC 16″ terjadi di Jalan Raya Bantarbolang. Kebocoran itu pun langsung bisa tertangani.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini