Kapolres Pekalongan Minta Perayaan Natal Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Ketat

0
Kapolres Pekalongan AKBP Darno menghimbau kepada pengurus gereja dan umat Kristiani untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat ibadah Natal. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Kapolres Pekalongan AKBP Darno menghimbau kepada pengurus gereja dan umat Kristiani yang akan merayakan ibadah Natal pada 25 Desember 2020 di Kabupaten Pekalongan untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Saya minta kepada pengurus gereja dan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Natal agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan,” kata AKBP Darno, Selasa, 22 Desember 2020.

Kapolres Pekalongan juga meminta pembatasan kapasitas jemaat yang merayakan Natal di gereja dipatuhi. Hal itu untuk menghindari munculnya kasus baru positif Covid-19 yang saat ini masih tinggi.

“Pada perayaan Natal tahun ini, pembatasan sosial harus dilakukan agar jemaat tidak berkerumun,” katanya.

Menurutnya, pembatasan kegiatan yang menghadirkan banyak orang berlaku juga untuk kegiatan ibadah. Untuk itu, dalam rangkaian kegiatan perayaan Natal tidak boleh dilaksanakan secara besar-besaran, tapi semuanya mengacu kepada protokol kesehatan yang ketat.

Pengelola gereja juga mesti menyiapkan semua sarana pendukung bagi jemaat, mulai dari pengecekan suhu, tempat cuci tangan, dan menjaga jarak. “Jangan sampai kegiatan ibadah jadi klaster penyebaran Covid-19, makanya tindakan preventif dan antisipatif harus dilakukan sebelum muncul kasus baru,” katanya.

“Meskipun ada pembatasan kehadiran jemaat, tapi jangan sampai mengurangi esensi ibadah yang dilakukan,” ujar Kapolres Pekalongan.

Lebih lanjut, Kapolres juga telah memerintahkan kepada seluruh anggota jajarannya untuk menyampaikan kepada masyarakat agar tidak merayakan pergantian tahun dengan berkumpul tetapi lebih baik di rumah saja.

“Tetap patuhi protokol kesehatan, masyarakat yang akan beribadah di gereja agar menaati apa yang disampaikan petugas kesehatan yang berada di gereja dan masyarakat tidak merayakan pergantian tahun dengan berkumpul, lebih baik di rumah,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini