Perpustakaan Pemalang Terus Lomba Baca Cerita dan Tulis Artikel

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Untuk meningkatkan minat baca dan literasi bagi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang rutin mengadakan lomba membaca cerita untuk tingkat sekolah dasar serta lomba artikel untuk siswa tingkat SLTA setiap tahun.

Kepala Bidang Perpustakaan Pemalang, Nurokhman, Jumat 18 Desember mengatakan, kualitas dan kwantitas peserta lomba setiap tahunnya mengalami peningkatan. Bahkan untuk lomba yang digelar pada November lalu saja lebih baik pada tahun tahun sebelumnya.

“Untuk lomba artikel contohnya, selain peserta lomba dituntut membuat sebuah artikel yang berkualitas juga bisa memaparkan hasil artikel itu dan mempertahankan tulisan itu berikut alasanya kepada dewan juri,” kata Nurokhman.

Untuk para juara, selanjutnya akan mengikuti lomba dengan tema yang sama ditingkat propinsi sekitar Mei 2021.

“Lomba tahun ini dilakukan pada 18 sampai 19 November. Hasil perlombaan ini nantinya para juara lomba tingkat kabupaten akan mewakili kabupaten Pemalang untuk maju di perlombaan tingkat provinsi,” ujarnya.

Sementara itu, Juara satu lomba artikel disabet oleh siswa SMA Negeri 1 Pemalang Murdiana Laila hikmah.

Terpisah, saat dikonfirmasi Lala mengatakan, awal mula ia mengikuti lomba ini adalah atas dasar hobi menulis dan membaca yang sering ia lakukan.

“Saya hobi menulis dan membaca, jadi ketika ditawari pihak sekolah untuk ikut lomba menulis langsung saya iyakan, terlebih tema yang diangkat dalam perlombaan juga menarik”, kata Lala.

Lala mengatakan, tema yang diambil dalam perlombaan waktu itu adalah Menumbuhkan Generasi Literasi melalui Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Di masa pandemi ini, kata Lala, akses siswa terhadap perpustakaan terhambat karena kegiatan yang semula dialihkan di rumah masing-masing, tetapi perpustakaan tidak mengikuti perkembangan zaman, dengan adanya digitalisasi perpustakaan.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini